Papua Jadi Fokus dan Perhatian Pemerintah Saat Pilkada 2024

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto mengatakan Papua adalah salah satu wilayah nan menjadi konsentrasi dan perhatian pemerintah dalam gelaran Pilkada 2024.

Ia menyebut perlu ada perhatian unik terhadap situasi dan kondisi stabilitas politik, hukum, dan keamanan menjelang penyelenggaraan Pilkada di Papua, agar tahapan Pilkada dapat melangkah dengan kondusif dan lancar.

"Perlu dilakukan persiapan penyelenggaraan nan matang, khususnya di wilayah Papua sebagai salah satu wilayah nan menjadi konsentrasi dan perhatian pemerintah," kata Hadi dalam keterangan tertulis, Selasa (28/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selain itu, dia menyebut diperlukan antisipasi terhadap beragam potensi persoalan dan kerawanan nan mungkin terjadi.Misalnya, gangguan keamanan, halangan akomodasi seperti sarana dan prasarana hingga pengedaran logistik

"Diperlukan langkah strategis melalui sinergitas pemerintah, penyelenggara pemilu, peserta pemilu, hingga masyarakat luas untuk menyukseskan Penyelenggaraan Pilkada 2024," ujarnya.

Gelaran Pilkada di Papua bakal dilaksanakan di Provinsi Papua, Provinsi Papua Barat, Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Pegunungan, dan Provinsi Papua Barat Daya.

Tahapan Pilkada 2024 telah dimulai dengan pemenuhan persyaratan support pasangan calon perseorangan.

Selanjutnya, seluruh tahapan bakal terus bergulir hingga penyelenggaraan pemungutan bunyi dan ditutup dengan penghitungan suara.

"Kita tentunya mengharapkan dalam setiap tahapan Pilkada 2024 bakal melangkah dengan lancar dan kondusif serta tidak ada hambatan apapun dalam pelaksanaannya," kata Hadi.

Sementara itu, Hadi bakal datang dalamRapat Koordinasi dengan tema "Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2024 di Wilayah Papua" pada Rabu (29/5).

Rapat nan digelar di Papua ini direncanakan bakal dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri, Kapolri RI, Panglima TNI, Ketua KPU, dan Ketua Bawaslu.

Selain itu datang pula perwakilan dari Partai Politik, Forkompimda, dan tokoh masyarakat.

Sebelumnya, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto mengatakan TNI telah memetakan 15 provinsi dengan tingkat kerawanan tinggi pada penyelenggaraan Pilkada serentak 2024.

Enam provinsi di Papua masuk dalam wilayah dengan tingkat kerawanan tinggi tersebut.

Sementara sembilan provinsi lain adalah Aceh, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Maluku dan Maluku Utara.

Agus menjelaskan tiap provinsi itu mempunyai jenis kerawanan nan berbeda-beda. Mulai dari potensi bentrok rumor sara ataupun berantem antar pendukung fanatik.

(yoa/wiw)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional