Partai Aceh Tunjuk Anak Buah Prabowo Dampingi Muzakir Manaf di Pilgub

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 16 Agu 2024 04:16 WIB

Ketua timsel cakada Partai Aceh membeberkan argumen pihaknya resmi menunjuk Ketua DPD Gerindra Aceh Fadhlullah untuk mendampingi Muzakir Manaf di Pilgub Aceh. Ilustrasi. Simpatisan Partai Aceh (PA) mengikuti kampanye akbar pada Pilpres 2024 lalu. (ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas)

Banda Aceh, CNN Indonesia --

Tim seleksi calon kepala wilayah (cakada) Partai Aceh resmi menetapkan Ketua DPD Partai Gerindra Aceh, Fadhlullah sebagai calon wakil Gubernur Aceh untuk mendampingi Muzakir Manaf di Pilgub Aceh pada Pilkada serentak 2024.

Ketua timsel cakada Partai Aceh Nurlis Effendi membenarkan bahwa pihaknya sudah menetapkan Cagub Muzakir Manaf dan Fadhlullah sebagai Cawagub.

"Dewan Pimpinan Pusat Partai Aceh memilih dan menentukan Ketua DPD Gerindra Aceh, Fadhlullah (Dek Fad), sebagai Calon Wakil Gubernur Aceh untuk pasangan Calon Gubernur Aceh Muzakir Manaf (Mualem)," kata Nurlis kepada wartawan, Kamis (15/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dia mengakui terpilihnya Fadhlullah sebagai bakal calon wakil gubernur dari Partai Aceh itu diwarnai sejumlah dinamika politik baik dari partai koalisi maupun dari internal Partai Aceh sendiri.

Alasan mengambil Fadhlullah untuk mendampingi Mualem, kata Nurlis, berangkaian dengan kepentingan-kepentingan strategis Aceh di tingkat nasional. "Sehingga dibutuhkan keputusan-keputusan nan dipikirkan dengan matang," ujarnya.

Beberapa tahapan berikutnya, kata dia, ialah penandatanganan pakta integritas dan juga tatap muka dengan Ketua Tuha Peut Partai Aceh Malik Mahmud Al Haytar nan saat ini menjabat sebagai Wali Nanggroe Aceh.

"Politik ini kan dinamis, dapat terjadi perkembangan setiap saat. Saya kira setiap politisi memahaminya," katanya.

Sejauh ini pasangan Muzakir Manaf dan Fadhlullah sudah didukung oleh Partai Demokrat, PKS, Gerindra, PDIP dan Partai Aceh. Diketahui Fadhlullah saat ini menjabat sebagai Anggota DPR RI periode 2019-2024.

Pada pileg 2024 lalu, Fadhlullah kandas lolos kembali ke Senayan.

Pasangan ini juga disebut sama-sama loyalis pendukung Prabowo Subianto di Pilpres.

Fadhlullah dan MuzakirManaf juga dinilai punya chemistry lama. Hal itu diketahui bukan hanya di politik lantaran keduanya adalah eks Kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM).

Saat itu, Muzakir adalah Panglima GAM, sementara Fadhlullah berstatus eks Komandan Operasi GAM wilayah Kabupaten Pidie.

(dra/kid)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional