Paus Fransiskus Akan Gelar Misa di Stadion GBK

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 02 Jul 2024 20:14 WIB

Juru Bicara Panitia Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia, Romo Thomas Ulun Ismoyo mengatakan Paus Fransiskus bakal menggelar misa di Stadion GBK. Paus Fransiskus. (via REUTERS/Vatican Media).

Jakarta, CNN Indonesia --

Juru Bicara Panitia Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia, Romo Thomas Ulun Ismoyo mengatakan Paus Fransiskus dijadwalkan menggelar misa di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) ketika berjamu ke Indonesia pada awal September 2024.

Thomas mengatakan Paus Fransiskus bakal mengawali berkeliling menggunakan mobil untuk menyapa umat nan datang di Stadion GBK sebelum misa dimulai.

"Seperti misa pada umumnya berbareng para umat. Lalu ini umatnya [akan datang di GBK] puluhan ribu. nan pasti Paus bakal berkeliling sebelumnya dengan mobilnya menyapa umat dari dekat," kata Thomas saat berbincang dengan CNNIndonesia.com di area Gereja Katedral Jakarta, Selasa (2/7).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Thomas menjelaskan pihak Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) telah menghubungi para uskup di seluruh Indonesia mengenai undangan untuk menghadiri misa di GBK. Nantinya, undangan tersebut bakal dibahas oleh masing-masing keusukupan mengenai jumlah umat Katolik di tiap-tiap keusukupan untuk mengikuti misa ini.

"Nah kami menyerahkan semuanya kepada masing-masing keusukupan. Nanti keusukupan nan dalam tanda kutip 'menjadi pihak resmi' untuk hubungkan umat nan mau datang ke GBK," kata dia.

Selain itu, Thomas berterima kasih Paus Fransiskus direncanakan memimpin misa di depan puluhan ribu umat Katolik Indonesia di Stadion GBK. Baginya, misa ini menjadi kesempatan krusial untuk berjumpa dengan pemimpin tertinggi umat Katolik itu secara langsung.

"Tapi lebih dari itu kita bukan hanya menyambut pribadinya, dan saya mengiyakan pesan dari Uskup Agung Jakarta, kita punya pendapat pemikiran [Paus Fransiskus] rayuan untuk membikin bumi lebih baik lagi. Ajakan untuk perdamaian," kata dia.

Tak hanya menggelar misa di Stadion GBK, Thomas mengatakan Paus Fransiskus dijadwalkan bakal berjumpa dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara ketika berjamu di Indonesia.

Paus Fransiskus, lanjutnya, juga bakal berjumpa dengan para rohaniwan Katolik di Gereja Katedral Jakarta hingga berjumpa para tokoh lintas kepercayaan di Masjid Istiqlal, Jakarta.

Ia mengatakan pertemuan antara Paus Fransiskus dan tokoh lintas kepercayaan menjadi krusial lantaran pemimpin kepercayaan di Indonesia mempunyai peran signifikan dalam membentuk kesejahteraan sosial, keadilan dan Indonesia nan lebih baik.

"Yang pasti saya percaya ini adalah perjumpaan bukan hanya membahas, tapi perjumpaan persaudaraan. Jadi sapaan, bukan bahasan, bukan teori. Tapi sapaan bahwa kita ini sama-sama bersaudara, sama-sama punya kepercayaan ketaatan walaupun dalam tradisi nan berbeda tapi masing-masing disatukan dalam semangat persaudaraan nan sama dan mimpi nan sama buat bumi lebih baik lagi," kata dia.

(rzr/ugo)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional