Paus Fransiskus Akan Naik Maung MV3 untuk Menyapa Jemaat Misa Akbar di GBK Besok

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Paus Fransiskus bakal naik kendaraan taktis buatan dalam negeri Maung saat menyapa jemaat misa akbar di kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Kamis besok, 5 September 2024. 

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Biro Humas Setjen Kementerian Pertahanan RI Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha di Jakarta, Selasa, 3 September 2024. Edwin menyebut persiapan kendaraan taktis buatan PT Pindad (Persero) itu telah sesuai dengan pengarahan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan diawasi langsung oleh Komisaris PT Pindad Letjen TNI Purn. Putranto bekerja sama dengan tim dari Takhta Suci Vatikan.

Edwin menjelaskan, pemimpin tertinggi Gereja Katolik sedunia itu akan menggunakan Maung MV3 untuk inspeksi menyapa umat dalam aktivitas Misa Suci di GBK. "Mobil ini sudah dimodifikasi dengan penambahan rooftop untuk perlindungan dari panas dan hujan," katanya, seperti dikutip dari Antara.

Adapun kendaraan taktis Maung hasil produksi BUMN itu telah dipersiapkan sejak Mei 2024. Edwin berambisi dengan persiapan nan matang tersebut, dapat memberikan kenyamanan dan keamanan maksimal bagi Paus Fransiskus selama kunjungannya di Indonesia.

Paus Fransiskus tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jakarta pada Selasa kemarin setelah terbang dari Roma, Italia, dengan menumpang pesawat komersial. Kedatangan Paus itu disambut upacara penyambutan dari pemerintah Indonesia nan dihadiri sejumlah pejabat.

Ia kemudian melanjutkan perjalanannya ke Kedubes Vatikan di Jakarta. Di tempat itu pula Paus Fransiskus bakal bermalam hingga 6 September 2024.

Iklan

Rencananya pada hari ini, Paus bakal berjamu ke Istana Merdeka, Jakarta dan berjumpa Presiden Joko Widodo. Berikutnya, Paus Fransiskus bakal melanjutkan agendanya berjumpa jemaat di Katedral dan jemaat muda di Grha Pemuda.

Sedangkan pada keesokan harinya, Paus Fransiskus dijadwalkan berjamu ke Masjid Istiqlal Jakarta, kemudian pada pukul 17.00 WIB memimpin Misa Suci Akbar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Selanjutnya, pada hari Jumat, 6 September 2024, Paus Fransiskus bakal meninggalkan Jakarta menuju Port Moresby, Papua Nugini, dan berangkat dari Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Pilihan Editor: Terpopuler: Paus Fransiskus Pilih Pesawat Komersil daripada Jet Pribadi, Proyek Raksasa nan Akan Digarap Prabowo

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis