Paus Menginap di Kedubes Vatikan, Warga Boleh Berada di Jarak 50 Meter

Sedang Trending 4 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 03 Sep 2024 13:59 WIB

Warga diizinkan berada di sekitar Kedutaan Besar (Kedubes) Vatikan di Jakarta Pusat, tempat Paus Fransiskus dengan radius 50 meter. Paus Fransiskus menginap di Kedubes Vatikan selama di Jakarta. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Jakarta, CNN Indonesia --

Warga diizinkan untuk berada di sekitar Kedutaan Besar (Kedubes) Vatikan di Jakarta Pusat, tempat Paus Fransiskus dengan jarak alias radius 50 meter.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro mengatakan perihal ini dimaksudkan agar penduduk nan berkumpul tak sampai mengganggu rombongan nan bakal keluar dan masuk di Kedubes Vatikan.

"Ya tentu kami berambisi tidak sampai mengganggu ya, kita berambisi kelak bisa setidaknya sampai dengan radius 50 meter itu kelak bisa terlihat oleh Bapak Suci," kata Susatyo kepada wartawan, Selasa (3/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Disampaikan Susatyo, pihaknya juga menerjunkan 500 personel di sekitar Kedubes Vatikan. Ratusan personel ini disiagakan untuk memastikan keamanan dan kelancaran arus lampau lintas di sekitar lokasi.

"Mengantisipasi andaikan ada umat katolik nan kelak mau menyambut mau memandang langsung dan sebagainya, termasuk andaikan ada aksi-aksi nan dilaksanakan sehingga kami dengan pola-pola persuasif humanis," tuturnya.

Susatyo menerangkan ratusan personel itu disebar di empat titik di sekitar Kedubes. Yakni di sekitar Kedubes Vatikan, Tugu Tani, hingga di sekitar Stasiun Gambir.

Lebih lanjut, Susatyo menyebut untuk rekayasa lampau lintas di sekitar Kedubes Vatikan berkarakter situasional. Sejauh ini, lanjut dia, arus lampau lintas tetap melangkah normal.

"Untuk saat ini tetap normal semuanya, kita kelak bakal lihat rute nan digunakan oleh Bapak Suci, apakah kelak rute menggunakan jalur Sudirman alias rute-rute nan sudah disiapkan oleh jejeran lampau lintas," ucap dia.

Diketahui, Paus Fransiskus beserta rombongan sudah mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Indonesia sekitar pukul 11.25 WIB.

Setelah upacara penyambutan, dia langsung meninggalkan airport menggunakan mobil biasa Innova Zenix warna putih. Mobil itu dilengkapi plat nomor SCV1 dan tampak bendera Indonesia dan Vatikan.

Dari bandara, Paus dan rombongan langsung menuju Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta untuk beristirahat. Kedubes sekaligus menjadi tempat menginap pemimpin kepercayaan Katolik ini.

(dis/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional