PBNU Giliran Panggil Mantan Anggota DPR Fraksi PKB Effendy Choirie

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 06 Agu 2024 09:40 WIB

PBNU memanggil mantan personil DPR dari Fraksi PKB Effendy Choirie alias Gus Choi untuk menjelaskan sejarah Muhaimin Iskandar menjadi ketua umum PKB. Effendy Choirie alias Gus Choi, mantan personil DPR dari Fraksi PKB nan sekarang menjabat ketua DPP Partai Nasdem. (CNN Indonesia/Farid)

Jakarta, CNN Indonesia --

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) bakal memanggil mantan personil DPR dari Fraksi PKB Effendy Choirie alias Gus Choi untuk menjelaskan perincian sejarah Muhaimin Iskandar alias Cak Imin akhirnya menjadi ketua umum PKB.

"Undangan hari ini sudah kami kirimkan ke beliau (Effendy Choirie). Semoga beliau berkenan datang sehingga bisa memberikan tambahan info kepada kami," kata Wakil Sekjen PBNU Faisal Saimima dalam keterangannya, Selasa (6/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Faisal menjelaskan Gus Choi dinilai mengetahui secara rinci dinamika nan terjadi saat Cak Imin bisa menguasai PKB mengalahkan kubu Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

Undangan kepada Gus Choi telah ditandatangani oleh personil tim asistensi buatan PBNU nan juga sekaligus Wakil Ketua Umum PBNU Amin Said Husni dan Faisal Saimima.

Dalam undangan bernomor surat 2105/PB.03/B.I.01.08/99/08/2024 itu, Effendy diharapkan bisa datang ke Ruang Rapat Lantai 5 Gedung PBNU pada Rabu (7/8) pukul 12.30 WIB.

Sementara itu, saat ini setidaknya sudah ada dua tokoh nan diundang PBNU mengenai perihal ini; ialah mantan Sekjen PKB, Muhammad Lukman Edy serta Sekjen PKB Hasanuddin Wahid. Namun Hasanuddin Wahid tak datang dalam pemanggilan tersebut.

Gus Choi sempat menjadi kader PKB dan lolos ke Parlemen Senayan. Namun, Gus Choi kemudian dicopot dari keanggotaannya sebagai personil DPR dari Fraksi PKB di medio 2013 lalu.

Dikutip dari Antara, Gus Choi kala itu mengaku kehilangan keanggotaannya di PKB lantaran kritis terhadap PKB.

Usai dipecat PKB, Gus Choi lantas berasosiasi ke NasDem pada tahun nan sama. Ia sekarang mengemban kedudukan sebagai Ketua DPP NasDem.

(rzr/pmg)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional