PBNU ke 5 Kader Usai Jumpa Presiden Israel: Mundur Atau Diberhentikan

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 18 Jul 2024 10:05 WIB

PBNU menyatakan kepergian 5 kader ke Israel atas nama pribadi dan tidak mewakili lembaga. PBNU beri hukuman untuk 5 kader bertemu Presiden Israel di tengah genosida di Palestina. (ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY)

Jakarta, CNN Indonesia --

Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Saifullah Yusuf (Gus Ipul) memberikan dua opsi kepada lima kader NU atau Nahdliyin yang sempat berjumpa Presiden Israel Isaac Herzog untuk segera mengundurkan diri alias diberhentikan dari kepengurusan NU.

"PBNU meminta kepada lembaga dan banom di mana nan berkepentingan mengabdi untuk mengambil tindakan atas pelanggaran tersebut dengan dua pilihan mengundurkan diri alias diberhentikan," kata Gus Ipul dalam keterangannya, Kamis (18/7).

Gus Ipul turut mengungkapkan Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf telah memanggil satu dari lima kader NU itu. Sedangkan empat orang lainnya telah dipanggil oleh para ketua lembaga dan banom tempat mereka menjadi pengurus.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dari hasil tabayun nan dilakukan, Gus Ipul mengatakan kepergian kelima orang ini ke Israel atas nama pribadi dan sama sekali tidak mewakili lembaga.

Keberangkatan mereka ke Israel dibiayai oleh sebuah LSM. Dalam undangannya tertera agenda perbincangan antariman dan tidak ada agenda untuk berjumpa Presiden Israel.

Gus Ipul mengatakan mereka berdasar keberangkatannya bermaksud untuk turut serta menciptakan perdamaian antara Israel dan Hamas. Terkait tindakan tersebut, mereka telah mengaku salah.

"Meski mereka telah meminta maaf lantaran pergi tanpa izin dan pemberitahuan, tapi kepergian ini melanggar ketentuan. Apalagi kerja sama alias komitmen kerja sama dengan pihak luar negeri kudu seizin PBNU," ujarnya.

Menurut Gus Ipul, pemberhentian kelima orang dari kepengurusan di lingkungan NU, untuk pembelajaran agar kelak tidak ada lagi kejadian serupa.

Sebelumnya sebuah foto memperlihatkan lima tokoh muda NU menemui Presiden Israel menjadi polemik di tengah masyarakat saat ini. PBNU telah mengecam keras pertemuan di tengah tindakan genosida di Palestina tetap berlangsung.

(rzr/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional