PBNU Ngarep Pansus Haji Cukup Diselsaikan Cak Imin dan Yaqut di PKB

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 07 Agu 2024 17:36 WIB

Sekjen PBNU menilai persoalan Pansus Haji di DPR sebetulnya bisa diselesaikan secara internal PKB antara Cak Imin dan Menag Yaqut. PBNU berambisi persoalan Pansus Haji bisa diselesaikan internal antara Cak Imin dan Yaqut. (CNN Indonesia/Martahan Sohuturon)

Jakarta, CNN Indonesia --

Sekjen Pengurus Besar Nadhaltul Ulama (PBNU) Saifullah Yusuf alias Gus Ipul menilai persoalan Pansus Haji di DPR sebetulnya bisa diselesaikan secara internal PKB.

"Loh iya [internal PKB]. Kalau itu masalah Pansus Haji kan ini bisa diselesaikan dulu. Kan tinggal dipanggil [Yaqut] oleh Pak Muhaimin," kata Gus Ipul di instansi PBNU, Jakarta, Rabu (7/8).

Gus Ipul mengatakan Yaqut sampai saat ini tetap pengurus PKB. Karenanya, sudah sepatutnya urusan ini diselesaikan oleh PKB, bukan oleh PBNU.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Ini nan berbeda tapi itu bisa dikait-kaitkan. Kalau kita ngomong Pansus Haji, Gus Yaqut itu kan juga ketua DPP PKB, wakilnya Cak Imin. Kan tinggal mereka aja urusannya," kata Gus Ipul.

"Gus Yaqut kan tinggal dipanggil aja. Itu kan menterinya dia. Masa ketua umumnya sama ketuanya gegeran sendiri," tambahnya.

Gus Ipul lantas menyatakan pembentukan tim PBNU untuk mengkaji hubungan PKB dan NU tidak ada hubungan dengan pembentukan pansus Haji.

Ia menilai pembentukan tim oleh PBNU lantaran pelbagai pernyataan kontroversial nan diucapkan oleh petinggi PKB di depan publik belakangan ini.

"Masa kita bikin, gara-gara itu. Ya enggak. Tadi nan saya bilang alasan-alasan tadi. Kalau Pansus itu bisa diselesaikan internal sebenarnya. Jadi sehingga menimbulkan tafsir macam-macam," kata dia.

DPR sebelumnya membentuk pansus untuk mendalami penyelenggaraan Haji 2024 nan dinilai banyak diwarnai kejanggalan dalam pelayanannya.

Pansus telah diresmikan dalam rapat paripurna DPR nan dipimpin Wakil Ketua DPR sekaligus Ketua Umum PKB Cak Imin.

(rzr/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional