PBNU Sebut Pansus Haji Usul Cak Imin Mengada-ada

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 04 Jul 2024 04:30 WIB

Ketua PBNU Ahmad Fahrur Rozi menyebut Pansus Haji juga tidak bakal efektif lantaran masa tugas personil DPR tersisa sangat singkat dan segera berakhir. Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Ahmad Fahrur Rozi menilai usulan pembentukan panitia unik (Pansus) DPR tentang haji mengada-ada dan kental dengan nuansa politis. (CNN Indonesia/ Ramadhan Rizki)

Surabaya, CNN Indonesia --

Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Ahmad Fahrur Rozi menilai usulan pembentukan panitia unik (Pansus) DPR tentang haji mengada-ada dan kental dengan nuansa politis.

"Pansus haji saya kira tidak perlu lantaran hanya mengada-ada. Kalau memang ada nan perlu ditanyakan kan bisa dilakukan secara langsung kepada Dirjen Haji agar tidak ada kesan ini dipolitisir," kata Gus Fahrur melalui keterangannya, Rabu (3/7).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pengasuh Pesantren An Nur Bululawang, Malang ini mengatakan Pansus Haji juga tidak bakal efektif lantaran masa tugas personil DPR tersisa sangat singkat dan segera berakhir.

"Mari kita berbareng menjaga suasa biar tetap sejuk. Toh jemaah haji juga sudah pulang, tidak ada kendala. Jangan malah elite gaduh agar transisi pemerintahan ini melangkah lancar," ujarnya.

Gus Fahrur nan juga baru pulang dari tanah suci mengatakan penyelenggaraan haji tahun ini juga sudah sangat baik.

Sepanjang pengalamannya, menurutnya penyelenggaraan haji tahun ini sudah baik. Tidak ada lagi kejadian Muzdalifah seperti tahun lalu, misalnya.

"Semua sudah diantisipasi dengan baik, saya memandang Menteri Agama sebagai Amirul hajj telah bekerja secara maksimal, dibantu tim petugasnya di lapangan nan sangat responsif dan berdedikasi tinggi," katanya.

Saat menjalani ibadah haji tahun ini, Gus Fahrur memandang pemondokan jemaah, tenda di Arafah, kemudian akomodasi di Muzdalifah dan Mina, serta jasa tim kesehatan haji di beragam sektor sudah sangat baik.

"Saya mengapresiasi sepenuhnya dan mengucapkan terimakasih atas kerja keras mereka, semoga menjadi kebaikan ibadah dan dapat terus ditingkatkan menjadi lebih baik lagi di masa nan bakal datang," pungkas dia.

Ketua Tim Pengawas Haji DPR Muhaimin Iskandar namalain Cak Imin mendorong pembentukan panitia unik (pansus) angket untuk mengevaluasi penyelenggaraan ibadah haji 2024.

Cak Imin menyebut banyak temuan Timwas DPR nan memprihatinkan dan terulang setiap penyelenggaraan haji.

"Pertama kita mau segera dibentuk pansus angket pertanyaan menyangkut penyelenggaraan detil dari ibadah haji 2024," kata Cak Imin dalam konvensi pers di kompleks parlemen, Jakarta, Senin (1/7).

(frd/fra)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional