PDIP Blak-blakan Alasan Pilih Jeje-Ronal untuk Pilgub Jabar 2024

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto mengungkap argumen partai akhirnya mengusung nama Jeje Wiradinata dan Ronal Sunandar Supradja untuk maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2024.

Nama keduanya muncul di menit-menit akhir jelang penutupan pendaftaran pada Kamis (29/8) malam. Jeje-Ronal apalagi hanya datang secara daring lewat sambungan telefon video di KPUD Jawa Barat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Dan dengan memandang wilayah nan begitu besar, kami mencari sosok nan berilmu dan Ibu Megawati Soekarnoputri tadi telah memutuskan Bacalon gubernur dari PDIP adalah Jeje Wiradinata dengan wakil gubernur Ronal Sunandar," kata Hasto di instansi DPP PDIP, Jumat (30/8) awal hari.

Hasto mengakui pasangan Jeje-Ronal merupakan opsi kedua. Dia mengungkapkan awalnya PDIP mempunyai opsi memasangkan Jeje dengan Ono Surono, nan sekarang merupakan Ketua DPD PDIP Jawa Barat dan personil DPR dari fraksi PDIP.

Namun, Ono nantinya dipersiapkan menjadi ketua di DPRD Jawa Barat sekaligus menjadi tim pemenangan Jeje-Ronal.

Pertimbangan lain akhirnya memilih Jeje-Ronal adalah memandang komposisi dua poros lainnya nan bakal menjadi musuh PDIP, ialah Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan dari KIM Plus, dan Ahmad Syaikhu-Ilham Habibie dari PKS serta Partai NasDem.

[Gambas:Video CNN]

"Ya sebenarnya sejak sore tadi, ada muncul opsi antara Pak Ono Surono dengan Pak Jeje. Nah kemudian baru pada putaran akhir setelah memandang komposisi dari tiga pasangan calon nan lain," pengakuan Hasto.

"Akhirnya kami cari sosok muda nan punya spirit keahlian komunikasi nan baik, tetapi bisa menjelaskan masalah-masalah rakyat dengan ringan. Sehingga akhirnya dipilih lah Bung Ronal untuk mendampingi Pak Jeje," tuturnya.

Jeje Wiradinata merupakan Bupati Pangandaran dua periode nan terpilih pada 2016 serta 2020. Sementara, Ronal merupakan selebritas nan pada Pileg 2024 lampau maju sebagai caleg namun tidak terpilih.

Hasto mengatakan bahwa Jeje dipilih lantaran keberhasilannya menjadi Bupati Pangandaran dua periode. Sedangkan Ronal, dianggap mempunyai keahlian komunikasi nan baik, terutama untuk menarik pemilih dari golongan muda.

"Sedangkan Pak Ronal lantaran kepiawaiannya dalam melakukan komunikasi dan juga dengan sasaran pemilih muda. Dan seusai juga kultur Jawa Barat," katanya.

Jeje Wiradinata dan Ronal Surapradja dalam panggilan video di KPUD Jawa Barat pada Jumat (30/8/2024) awal hari. (CNN Indonesia/Cxhaeszhar Yudistira)Jeje Wiradinata dan Ronal Surapradja dalam panggilan video di KPUD Jawa Barat pada Jumat (30/8/2024) awal hari. (CNN Indonesia/Cxhaeszhar Yudistira)

Pada saat mendaftar ke KPUD Jawa Barat, Jeje-Ronal diwakilkan Ketua DPD PDIP Jawa Barat Ono Surono dan Abdy Yuhana nan merupakan personil DPRD Jabar fraksi PDI Perjuangan.

Melalui panggilan video nan ditampilkan di KPUD Jabar, Jeje menyatakan siap untuk menjalani tugas nan diberikan partainya itu. Jeje merupakan kader PDIP dan bekerja sebagai Bupati Pangandaran sejak 2016.

"Bagi saya bukan menang kalah tapi dalam rangka menegakan Jawa Barat menjadi lebih bagus. Saya dan Kang Ronal bakal meramu beragam kebijakan pemerataan di Jabar," kata Jeje pada Jumat (30/8) awal hari.

Serupa, komedian sekaligus penyiar Ronal Surapradja juga mengaku kaget atas penunjukan dirinya. Namun, dia menyatakan siap atas penunjukan itu untuk membangun Jabar berbareng Jeje.

"Saya juga kaget, saya dalam sebuah aktivitas dapat berita ini. Sekali lagi saya sadar ini sebuah tugas partai nan diberikan ke saya, Insyaallah saya siap maju mendampingi pak Jeje," ucap Ronal.

(thr/chri)

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional