PDIP dan PKB Sepakat Usung Ono Surono-Acep Adang di Pilgub Jabar 2024

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Barat (Jabar) sepakat mengusung pasangan Ono Surono dan Acep Adang Ruhiat di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar 2024.

Ono nan merupakan kader PDIP dipasang sebagai calon gubernur, sementara Acep Adang nan berasal dari PKB bakal menjadi cawagubnya.

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Ketut Sustiawan mengatakan ada kesamaan visi antara partainya dengan PKB.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Untuk Pilgub Jabar, ada kesepakatan untuk calon gubernurnya ada Ono Surono dan wakilnya Kiai Acep Adang, nan bakal kita bawa ke DPP masing-masing," ujar Ketut dikutip detikJabar, Rabu (14/8).

Ia menambahkan untuk wilayah Jawa Barat, koalisi dengan PKB dilakukan di 13 kabupaten/kota.

"Kerja sama dengan PKB ada di Kabupaten Tasikmalaya, Depok, Bogor. Kemudian di Kota Bandung, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, dan beberapa wilayah lainnya," pungkasnya.

Sebelumnya, PDIP sempat melirik Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti maju di Pilgub Jabar 2024.

Ketua DPD PDIP Jawa Barat Ono Surono mengatakan Susi telah mengeluarkan pernyataan siap maju jika diminta oleh masyarakat. Selain Susi, PDIP juga melirik calon nan diusung Partai NasDem, Ilham Habibie.

"Sehingga PDIP bakal dalami itu, apakah Bu Susi siap untuk kita usung. Kita juga bisa mendorong partai-partai lain untuk bisa eksplor lebih jauh kesiapan dari Bu Susi tersebut. Menurut saya ya cukup menarik figur Susi Pudjiastuti," kata Ono di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (19/6), dikutip dari detikcom.

Ono mengaku juga tetap menunggu keputusan Koalisi Indonesia Maju di Pilgub Jabar nan mempertimbangkan mantan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi dan mantan Wali Kota Bogor Bima Arya.

"Sampai saat ini mereka belum putuskan, termasuk RK apakah di Jabar dan Jakarta. Dari statement Pak Airlangga tunggu bulan Juli, lampau dari Gerindra bakal paketkan Kang Demul dengan Bima Arya. Saya lihat juga tetap belum final, makanya PDIP nunggu itu," ujarnya.

Selain itu, kata Ono, pihaknya juga tengah menjajaki komunikasi dengan partai lain seperti, PKS, PPP, PKB, serta PAN.

"Sembari nunggu, kita juga komunikasi dengan PKS, PPP, PKB, termasuk dengan PAN mengenai dengan kemungkinan kerja sama/koalisi nan terbangun di Jabar," katanya.

(pta/pta)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional