PDIP Jagokan Dua Menteri Hadapi Khofifah di Pilgub Jawa Timur

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 30 Jul 2024 20:16 WIB

PDIP Jawa Timur mengerucutkan dua nama kadernya nan bakal maju di Pilkada Jatim 2024, ialah Mensos Tri Rismaharini dan Men PANRB Azwar Anas. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas. (CNN Indonesia/Khaira Ummah).

Jakarta, CNN Indonesia --

PDIP Jawa Timur mengerucutkan dua nama kadernya nan bakal maju di Pilkada Jatim 2024. Keduanya merupakan menteri Kabinet Indonesia Maju ialah Mensos Tri Rismaharini dan Men PANRB Azwar Anas.

Wakil Ketua DPD PDIP Jatim Budi Sulistyono alias Kanang mengatakan partainya bakal segera mengumumkan nama calon nan bakal mereka usung pada awal Agustus 2024 mendatang.

"Kalau nan dibahas ada dua Bu Risma dan Pak Anas itu nan di dalam internal ada pembahasan," kata Kanang di Kantor DPD PDIP Jatim, Surabaya, Selasa (30/7).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

PDIP Jatim menurutnya juga terbuka untuk berkoalisi dengan parpol lain dalam gelaran Pilkada Jatim tahun ini. Namun dia membuka kesempatan untuk bekerjasama dengan PKB.

"Bisa jadi dengan PKB," kata dia.

Kanang menyebut PDIP saat ini tengah serius berbilang siapa jagoan nan bakal diusung untuk melawan petahana Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak di Jatim.

"Kita enggak mau gegabah untuk melawan incumbent, konon katanya, elektabilitasnya bagus, maka siapa-siapa nan layak dan layak dan bisa ada keseimbangan. Sehingga genjotnya gak terlalu berat," ujar Kanang.

Khofifah berbareng Emil Dardak telah mengantongi tujuh surat rekomendasi (SK) dukungan. Ketujuh SK itu berasal dari PKS, Gerindra, Golkar, PPP, Demokrat, Perindo, dan PSI.

Hasil survei dari Litbang Kompas baru-baru ini jug menunjukkan Khofifah memperoleh elektabilitas sebesar 26,8 persen.

Perolehan ini mengantarkannya duduk di posisi teratas unggul dari sosok lainnya. Khofifah dibuntuti Tri Rismaharini di posisi kedua dengan 13,6 persen. Sementara Posisi ketiga diisi oleh Emil Dardak dengan elektabilitas sebesar 3,8 persen.

(kh/ugo)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional