PDIP Kalkulasi Perkawinan Politik Jika Usung Anies di Pilgub Jakarta

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Pemenangan Pilkada PDIP menyatakan usulan nama Anies Baswedan masih dipertimbangkan untuk maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024.

Juru Bicara Badan Pemenangan Pilkada PDIP, Aryo Seno Bagaskoro menyebut partainya punya sejarah panjang dengan Anies sebagai pesaing di Jakarta. Kompetisi itu apalagi hingga menciptakan pendukung ekstrem pada masing-masing kubu.

"Secara kronologis, kudu disadari bahwa perjalanan itu melibatkan kejuaraan dengan Mas Anies, nan itu menciptakan pendukung nan begitu ekstrem di masing-masing kubu," kata Seno saat dihubungi, Rabu (12/6).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Seno menilai usulan Anies untuk maju dengan didukung PDIP kudu dipertimbangkan secara rasional. Terutama mempertimbangkan apakah perkawinan politik itu masuk logika secara elektoral, alias malah bisa melemahkan masing-masing kubu.

"Apakah usulan perkawinan politik ini masuk logika secara elektoral alias malah berpotensi melemahkan kekuatan politik masing-masing kubu, baik pendukung PDI Perjuangan maupun pendukung Mas Anies secara platform pendapat dan historis?" Katanya.

Namun, PDIP, kata Seno, serius mempertimbangkan nama-nama nan telah diusulkan untuk maju di Pilkada Jakarta. Selain elektabilitas dan ketokohan, PDIP juga menguji rekam jejak, kinerja, dan ikatannya dengan rakyat.

Selain Anies, PDIP juga menerima usulan nama-nama lain dari kader sebagai cagub DKI. Antara lain, mantan Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi hingga personil DPRD Rasyidi.

"Ada sejumlah nama, termasuk dari internal Partai, DPD juga mengusulkan nama seperti mantan Ketua DPRD Pak Prasetyo Edi Marsudi dan Anggota Fraksi PDI Perjuangan di DPRD Jakarta, Pak Rasyidi," katanya.

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP DKI Jakarta sebelumnya mengaku telah mengirimkan surat rekomendasi ke DPP mengenai pencalonan Anies Baswedan di Pilkada DKI Jakarta 2024.

Surat rekomendasi pencalonan Anies di Pilkada Jakarta mendatang merupakan tahapan awal. Nantinya, DPP PDIP nan bakal memutuskan perihal tersebut.

"Sudah disampaikan semua nama-nama nan terjaring, termasuk Anies," kata Sekretaris DPD PDIP DKI Jakarta Pantas Nainggolan kepada CNNIndonesia.com, Selasa (11/6).

(thr/isn)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional