PDIP Pastikan Tak Ada Kotak Kosong di Pilgub Jakarta, Anies Dilirik

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Sabtu, 10 Agu 2024 12:25 WIB

PDIP memastikan pihaknya tak bakal membiarkan kotak kosong alias calon tunggal di kontestasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2024. PDIP mulai melirik Anies Baswedan di Pilgub Jakarta 2024. (CNN Indonesia/ Yogi Anugrah)

Jakarta, CNN Indonesia --

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP memastikan pihaknya tak bakal membiarkan kotak kosong alias calon tunggal di kontestasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2024. PDIP pun mulai mengeluarkan kode bakal mendukung Anies Baswedan di Pilkada 2024.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto meyakini kesempatan untuk membuka poros baru untuk melawan Koalisi Indonesia Maju (KIM) plus nan mengusung Ridwan Kamil di Pilgub DKI Jakarta tetap terbuka lebar. Apalagi, kata Hasto, dengan memandang suara-suara rakyat dan golongan pro demokrasi.

"Dengan memandang pergerakan kelompok-kelompok pro kerakyatan dan bunyi rakyat. Kami meyakini kesempatan itu terbuka lebar," ucap Hasto saat menghadiri training nasional Tim Kemenangan Pilkada PDIP di Bogor, Jawa Barat, Jumat (9/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Hasto bilang pihaknya tetap berkesempatan membangun kerja sama alias koalisi dengan partai lain di tengah poros gendut KIM nan belakangan disebut-sebut bakal kehadiran partai baru. Hasto memastikan tak ada kotak kosong di Pilgub DKI.

"Peluang untuk membangun kerja sama di Jakarta sehingga tidak ada calon tunggal," katanya.

Meski begitu, dia tetap mewaspadai upaya penjegalan alias pembendungan politik dalam proses komunikasi partainya jelang pendaftaran calon kepala daerah, khususnya di DKI Jakarta. Hasto merasa selama proses komunikasi pihaknya untuk Pilkada, dia memandang ada upaya tersebut.

"Dari laporan nan kami terima ketika kami perbincangan dengan partai-partai lain memang ada upaya nan membendung itu," katanya.

Sementara di sisi lain, Hasto mengungkap kesempatan partainya untuk mengusung Anies Baswedan di Pilgub DKI Jakarta.

Peluang itu merespons Anies nan sekarang berkesempatan besar ditinggalkan PKS lantaran tak kunjung memenuhi syarat pencalonan. PKS mulai membuka komunikasi dengan KIM nan mengusung Ridwan Kamil.

Hasto mengakui kesukaan partai terhadap Anies nan menjadi rival pada Pilkada sebelumnya di 2017. Ia pun memuji style bicara Anies nan menurutnya menarik.

"Dari langkah bicaranya menarik," ucap Hasto sembari tersenyum saat mendampingi Megawati Soekarnoputri berjamu ke pameran seni rupa di Galeri Nasional, Jakarta, Kamis (8/8) petang.

"Dan Mbak Puan juga sudah beberapa kali menyampaikan sikapnya dan kami juga melakukan komunikasi ya dengan banyak calon potensial di Jakarta termasuk Pak Andika jangan lupa, juga diusulkan di Jakarta," imbuhnya.

(thr/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional