PDIP: Pramono Jalan Tengah Kubu Ahok dan Anies di Pilgub 2017

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 28 Agu 2024 17:46 WIB

PDIP meyakini pemilihan Pramono Anung sebagai cagub DKI bisa menjembatani kubu Anies dan Ahok nan terbelah akibat Pilgub DKI 2017. Pramono Anung berbareng Rano Karno saat mendaftar di KPU DKI untuk Pilgub Jakarta, Rabu (28/8). (CNN Indonesia/ Adi Ibrahim)

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua DPP PDIP, Deddy Yevry Sitorus menyebut bahwa nama Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung merupakan jalan tengah bagi partainya dari residu politik Pilgub DKI 2017 antara kubu Ahok dan Anies Baswedan.

"Bisa disebut beliau menjadi jalan tengah nan kemudian kelak bisa diharapkan mem-bridging antara dua golongan ini," kata Deddy di instansi DPP PDIP, Rabu (28/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Deddy menilai residu politik sejak Pilgub DKI 2017 belum sepenuhnya selesai. Keduanya mempunyai pedoman pemilih masing-masing nan saling berseberangan.

Ahok, kata dia, mewakili golongan masyarakat nan mau perbaikan dalam sistem birokrasi. Sedangkan Anies mewakili pedoman masyarakat Islamis-religius.

"Oleh lantaran itu kita mencoba melakukan pendalaman dengan Pak Ahok sampai hari Senin kemarin. Pendalaman untuk memandang gimana Pak Anies itu bisa bridging antara kelompok, katakanlah golongan tanda kutip Islam, dengan kelompok-kelompok lain, komunasionalis, dan seterusnya," kata Deddy.

Meski begitu, Pramono kata dia, bukan mendadak diputuskan maju Pilgub Jakarta. Nama eks Sekjen PDIP itu sudah muncul dalam dua bulan terakhir untuk menjadi opsi di antara Ahok maupun Anies.

Di sisi lain, Deddy mengaku juga tak menutup mata soal elektabilitas Pramono nan belum terlihat. Menurut dia, elektabilitas dalam hasil survei bakal selalu bergerak dinamis.

Dia meyakini beberapa poros pada Pilkada bakal mengubah konfigurasi politik. Lagi pula, Deddy meyakini tetap ada waktu hingga Pramono-Rano resmi ditetapkan sebagai Paslon.

"Jadi kita tidak berpegangan 100 persen pada hasil survei saat ini. Karena apapun bisa terjadi di bawah," katanya.

Pasangan Pramono-Rano Karno bakal menghadapi Ridwan Kamil-Suswono dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana. 

Duet RK-Suswono dimotori oleh Gerindra dan 14 partai lain nan tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus. Sementara Dharma-Kun maju lewat jalur perseorangan.

(thr/wis)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional