PDIP Segera Umumkan Dukungan ke Calon Kepala Daerah

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengungkapkan partainya berencana mengumumkan para calon kepala wilayah di lebih dari 100 wilayah nan bakal diusung di Pilkada 2024.

Pengumuman itu nantinya bakal dilakukan langsung oleh Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Jadi hari Rabu 14 Agustus itu kelak kami bakal mengumumkan, Megawati Soekarnoputri bakal mengumumkan calon kepala wilayah dan calon wakil kepala wilayah nan gelombang pertama," kata Hasto usai konvensi pers aktivitas 'Soekarno Run 2024' di Hotel Artotel, Jakarta, Minggu (11/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Hasto tak merinci daerah-daerah mana saja nan bakal diumumkan PDIP pada momen tersebut. Ia hanya menjabarkan wilayahnya mencerminkan Indonesia mulai dari Aceh, Papua, hingga Pulau Jawa.

"Maka nan diumumkan itu kelak merepresentasikan Indonesia kita. Ada nan dari Aceh, ada nan dari Papua, ada nan dari Jawa, Sumatera, Kalimantan, Maluku, pokoknya Kalimantan lengkap," kata dia.

Di sisi lain, Hasto membantah dugaan jika PDIP susah menentukan calon calon di Pilkada 2024.

Ia menilai konfigurasi politik di wilayah tidak bisa diatur lantaran mempunyai peta politik tersendiri.

Bahkan, dia menyinggung daerah-daerah di mana PDIP tak mempunyai bangku pun banyak nan meminta rekomendasi besutan Megawati tersebut

"Di tingkat kabupaten kota itu perolehan kami naik, sehingga kerjasama dengan partai politik nan lain dengan Golkar, Gerindra, PKB, PPP, Perindo, Hanura kemudian ada Nasdem, Demokrat, PKS itu terrepresentasi dan menunjukkan gimana PDI Perjuangan itu menjadi kekuatan perekat," kata dia.

Singgung kasus norma padahal didukung

Hasto kemudian membujuk semua pihak tidak menyerah kepada sesuatu di luar kedaulatannya. Bahkan, dia menyinggung ada pihak nan mulanya didukung, sekarang dipersoalkan kasus hukumnya.

"Mula-mula untuk mendukung. Setelah mendukung rupanya tetap dipersoalkan juga persoalan hukumnya," kata Hasto.

Di samping itu, Hasto mengatakan PDIP bakal menggelar arena lomba lari berjudul 'Soekarno Run' dalam rangka memeriahkan HUT ke-79 RI. Ajang lomba lari ini bakal dibagi tiga kelas ialah kelas 17 Km, 8 Km, dan 4.5 Km.

Hasto mengatakan lomba ini mengangkat tema "Berdiri, Berlari di Atas Kaki Sendiri". Hasto menyinggung tema lomba ini sangat relevan dengan kondisi nan terjadi di Indonesia lantaran kerap terjadi penggunaan instrumen norma kekuasaan untuk kepentingannya.

"Jangankan berlari di atas kaki sendiri. Untuk berdiri di atas kaki sendiri, itu bukan tidak mudah. Karena sekarang untuk berdiri pun ada nan menggunakan norma kekuasaan," tambah Hasto.

(rzr/pua)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional