PDIP Siapkan Cawagub untuk Airin di Banten, Golkar Terbuka Komunikasi

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Sekretaris Jenderal Partai Golkar Lodewijk F. Paulus mengatakan belum menugaskan bakal calon gubernur Banten Airin Rachmi Diany mencari sosok calon wakil gubernur di Pilkada 2024.

Hal tersebut disampaikan Lodewijk merespons pertanyaan soal PDIP nan menyiapkan Ketua DPD PDIP Banten, Ade Sumardi menjadi cawagub Airin.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Bu Airin belum sampai ke situ, baru surat perintah penugasan," kata Lodewijk di Kantor DPP Golkar, Jakarta, Kamis (11/7).

Lodewijk menjelaskan sekarang Airin baru menerima surat perintah penugasan dari Golkar. Sementara perihal mencari cawagub hingga membangun koalisi itu dimuat dalam surat instruksi.

Ia mengatakan surat petunjuk itu baru bakal keluar usai proses survei dan lain sebagainya rampung.

"Setelah proses survei dan sebagainya baru kita berikan surat instruksi. Intinya surat petunjuk itu gimana perintah membangun koalisi perintah mencari pasangan calon untuk cawakada," ujarnya.

Namun, Lodewijk tetap menghormati sikap PDIP nan menyiapkan kadernya itu. Menurutnya, komunikasi dan pendekatan merupakan perihal nan lumrah dalam politik seraya menyebut komunikasi sekarang terus berjalan.

"Kan pasti komunikasi pasti berjalan. Semuanya berjalan. Coba lihat, satu calon kemana-mana, tinggal nyantolnya di mana kita belum tahu," ucapnya.

Sementara itu, Ketum Golkar Airlangga Hartarto memastikan bakal tetap mengusung Airin di Pilgub Banten.

Ia menyebut perihal cawagub pendamping Airin sekarang tetap dalam tahap pertimbangan dalam waktu satu hingga dua bulan ke depan.

"Kalau Banten, Bu Airin kemarin bekerja sebagai tim kampanye wilayah di Banten, tentu sewajarnya Golkar tetap mendukung Bu Airin di Banten, untuk pasangannya kita pertimbangan 1-2 bulan ke depan," kata Airlangga.

Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat sebelumnya menyatakan mereka menyiapkan Ketua DPD PDIP Banten, Ade Sumardi untuk jadi cawagub Airin. Djarot menyatakan nama Ade Sumardi telah disepakati.

"Untuk Banten jika enggak salah Pak Ade Ketua DPD Banten. Sudah [dipasangkan]," kata Djarot di kompleks parlemen, Kamis (11/7).

Berdasarkan konstelasi politik terkini, Pilkada Banten diprediksi bakal mempertandingkan partai-partai di Koalisi Indonesia Maju (KIM). Gerindra dan Golkar diprediksi kuat bakal berlawanan.

Gerindra berbareng PKS nan mengusung Andra-Dimyati, telah didukung PKB, NasDem, PAN, PPP, dan PSI. Total tujuh partai itu mengantongi 61 bangku dari 100 bangku DPRD.

Sementara Golkar sejauh ini mendorong Airin nan merupakan eks Wali Kota Tangsel untuk maju.

(mnf/fra)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional