PDIP Terbuka Usung Anies di Jakarta, PKS Buka Suara

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Senin, 10 Jun 2024 09:46 WIB

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS angkat bunyi soal kesempatan PDIP bakal mengusung Anies Baswedan di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024. Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (CNN Indonesia/Panji Septo).

Jakarta, CNN Indonesia --

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS angkat bunyi soal kesempatan PDIP akan mengusung Anies Baswedan di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024.

Ketua DPP PKS, Ahmad Mabruri mengaku tak keberatan saat ditanya kesempatan partainya berkoalisi dengan PDIP. Menurut dia, PKS saat ini tetap terbuka dengan semua partai dan semua kandidat.

"PKS sendiri tetap terbuka dengan semua partai dan semua kandidat. Hanya pesan presiden PKS agar diutamakan kader PKS. Itu nan menjadi landasan kami," kata dia saat dihubungi, Senin (10/6).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Mabruri mengatakan PKS terbuka untuk semua posisi, baik gubernur maupun wakil gubernur. Menurut dia, perihal itu bisa dibicarakan sembari memandang peta politik dan peta elektoral hasil survei.

"Nah ini bisa dibicarakan. Kita lihat kelak peta kandidat nan muncul. Dan tentunya respon penduduk Jakarta nan tergambar dari survei," katanya.

Menurut dia, hingga saat ini Pilkada Jakarta tetap berproses. Dia meminta publik menunggu hasil final koalisi beserta kandidat nan bakal diusung.

"Sinyal sinyal memang perlu dilakukan. Agar komunikasi lancar. Pilkada Jakarta ini semua tetap berproses. Jadi kita tunggu saja kelak koalisi dan pasangan cagub cawagub nan terbentuk," katanya.

PDIP sebelumnya memberi sinyal untuk mengusung Anies di Jakarta. Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah menyebut partainya berkesempatan bakal bekerja sama dengan PKB.

Namun, pada kesempatan itu PDIP tak menyebut nama PKS. Kedua partai diketahui selama ini tak pernah berkoalisi di Jakarta.

"Kalau kemungkinan PKB mengusung Pak Anies Baswedan sebagai calon gubernur DKI Jakarta, maka ketika kerja sama kami dengan PKB direalisasi dalam pilkada Jakarta, sangat mungkin pembicaraan mengenai kerja sama politik mengenai calon nan diusung dari PKB," kata Basarah, Sabtu (8/6).

(thr/ugo)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional