Pegawai Kemenhub Sumpah Injak Al-Qur'an Dilaporkan ke Polda Metro Jaya

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Mantan Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah X Merauke Asep Kosasih nan viral lantaran berjanji sembari menginjak Al-Qur'an dilaporkan oleh istrinya ke Polda Metro Jaya.

"Melaporkan adanya dugaan seorang pejabat di Kementerian Perhubungan nan kami duga melakukan perbuatan penistaan kepercayaan dengan langkah si pejabat tersebut berjanji untuk meyakinkan istrinya bahwa dia tidak selingkuh dengan langkah menginjak Al-Qur'an," kata pengacara pelapor, Sunan Kalijaga di Polda Metro Jaya, Jumat (17/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sunan menerangkan peristiwa itu bermulai saat istri Asep mencurigai suaminya telah berselingkuh. Sunan menyatakan sang istri juga mempunyai bukti perselingkuhan suaminya.

Sang istri pun menanyakan kepada Asep soal kebenaran perihal tersebut. Saat itu, kemudian Asep berupaya meyakinkan istrinya dengan langkah berjanji dengan Al-Qur'an.

"Nah, saat dia menyampaikan itu dan atas inisiatif bapak itu maka si istri 'oh ya sudah betul ya jika sudah berani sumpah dengan Al-Qur'an'," ucap Sunan.

"Namun demikian si istri juga mendokumentasikan proses sumpah tersebut didokumentasikan dan atas sepengetahuan suami ya dan dia melakukan sumpah tersebut dengan langkah nan menurut kami itu salah, dia menginjak Al-Qur'an," imbuhnya.

Laporan mengenai dugaan penistaan kepercayaan ini diterima kepolisian dan teregister dengan nomor LP/B/2642/V/2024/SPKT/POLDA METRO JAYA.

Dalam laporan ini, kata Sunan, pihaknya turut menyertakan sejumlah peralatan bukti. Salah satunya bukti pemberitaan di media.

"Buktinya link dari beberapa pemberitaan lantaran memang kami ini semua memandang dari pemberitaan," ujarnya.

Terpisah, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi membenarkan pihaknya telah menerima laporan soal dugaan penistaan kepercayaan tersebut.

"Kami menerima laporan kasus dugaan penistaan kepercayaan terlapornya kerabat AK di laporan polisi tersebut," kata dia.

Lebih lanjut, Ade Ary menyebut saat ini pihaknya tengah mendalami laporan tersebut untuk menentukan langkah nan bakal diambil berikutnya.

"Selanjutnya setiap ada laporan polisi nan masuk tentunya ditindaklanjuti oleh penyelidik diawali dengan pendalaman dalam tahap penyelidikan. Jadi saat ini sedang dilakukan pendalaman oleh penyelidik," ucap Ade Ary.

Sebelumnya, Asep Kosasih viral berjanji dengan menginjak Al-Qur'an demi meyakinkan istrinya bahwa dia tidak berselingkuh dengan wanita lain. Dalam video nan beredar, sumpah diberikan saat dia diintrogasi oleh seorang wanita.

Terkait perihal tersebut, Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Cecep Kurniawan mengatakan pihaknya tidak bakal mencampuri masalah tersebut lantaran itu merupakan ranah pribadi Asep.

"Soal dugaan adanya penistaan agama, Kementerian Perhubungan tidak bisa mencampuri, lantaran menjadi ranah pribadi nan bersangkutan," katanya dalam keterangan resmi Kamis (16/5).

Namun, kata Cecep, Kementerian Perhubungan telah membebasktugaskan Asep lantaran juga terjerat kasus KDRT. Keputusan itu dilakukan demi memudahkan pemeriksaan lebih lanjut atas kasus tersebut.

(dis/pmg)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional