Pemerintah akan Tenderkan Operator Jalan Tol IKN

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan pemerintah menggratiskan tarif Tol Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Agustus mendatang. Sebab, jalan bebas halangan tersebut memang baru bakal dioperasikan secara fungsional untuk kendaraan saat seremoni HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia di ibu kota baru. 

Setelah itu, jika proyek pembangunan sudah selesai sepenuhnya, pemerintah bakal melepas pengelolaannya kepada badan upaya jalan tol (BUJT).

"Nanti pada saat untuk operasi, operatornya bakal kami tenderkan setelah semua selesai," kata Basuki ketika meninjau proyek Tol IKN seksi 3A di Kalimantan Timur pada Selasa, 7 Mei 2024.

Basuki mengatakan, jalan tol nan bakal beraksi secara fungsional pada Agustus meliputi jalan nan menghubungan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) sampai Jembatan Pulau Balang. Jembatan tersebut terhubung ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN di Penajam Paser Utara. Jalan tol ini terbentang sepanjang 27 kilometer.

"Ujungnya KM 8 dari Tol Balsam sampai Jembatan Pulau Balang. Itu nan bisa kita manfaatkan pada 17 Agustus, satu arah dari Balikpapan ke Pulau Balang sebanyak 3 lajur," kata Basuki.  

Iklan

Selama Tol IKN beraksi fungsional, kata Basuki, biaya operasionalnya dan perawatan bakal ditanggung Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). 

Sebagai informasi, pembangunan Tol IKN nan sedang melangkah saat ini adalah pembangunan Seksi 3A Karang Joang-KKT Kariangu sepanjang 13,4 kilometer. Pekerjaan utama proyek tersebut adalah penyelesaian pembangunan Sungai Wain. Selanjutnya, ada proyek penyelesaian Seksi 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,3 kilometer dan Seksi 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,7 kilometer.

Kementerian PUPR menyatakan akses tol bakal menghemat waktu tempuh dari Balikpapan menuju KIPP IKN. Perjalanan nan semula dilalui selama dua jam diperkirakan bisa ditempuh dalam waktu 45 menit.

Pilihan Editor: Pabrik Sepatu Bata Gulung Tikar, Berikut Perjalanan Bisnisnya di Indonesia

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis