Pemerintah Resmikan Pabrik Baterai Mobil Listrik di Karawang, Luhut: Visi yang Jadi Kenyataan

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut peresmian pabrik baterai mobil listrik PT Hyundai LG Industry (HLI) Green Power menjadi tonggak krusial perjalanan Indonesia menuju pembangunan berkelanjutan. Adapun pabrik nan berlokasi di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, itu diresmikan Presiden Joko Widodo namalain Jokowi pada Rabu, 3 Juli 2024. 

"Ini sebuah visi nan menjadi kenyataan, sebagai bukti komitmen Indonesia terhadap inovasi, pengelolaan lingkungan, pembuatan lapangan kerja, dan pertumbuhan ekonomi," kata Luhut dalam sambutannya di aktivitas peresmian pabrik tersebut, dipantau Tempo melalui kanal YouTube Kementerian Investasi.

Menurut Luhut, peresmian pabrik baterai mobil listrik nan diklaim sebagai pabrik terbesar se-Asia Tenggara itu menandai era baru Indonesia. Ia berujar, perihal tersebut menjadi bukti Indonesia dalam mewujudkan masa depan daya bersih dan transportasi berkelanjutan. 

"Pembentukan ekosistem baterai dan industri kendaraan listrik tidak hanya menempatkan Indonesia sebagai pemimpin di area ini, tapi menggarisbawahi dedikasi kita untuk mengurangi emisi karbon," ujar dia.

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia membeberkan investasi pabrik baterai mobil listrik itu mencapai US$ 9,8 miliar dalam proyek ini. "Itu minus investasi Hyundai dari mobil. Jadi jika diakumulasi, US$ 11-12," kat Bahlil.

Bahliil juga mengatakan peresmian HLI Green Power menjadi babak baru pengembangan kendaraan listrik di Indonesia. Sebab, di situlah pabrik baterai dan mobil listrik nan terintegrasi. "Ini adalah investasi terbesar satu ekosistem nan ada di Indonesia," ujar dia.

Pilihan Editor: Terkini: Harga Beras Hari Ini Masih Merangkak Naik, Sandiaga Sebut Maskapai Tambah Penerbangan demi Stabilkan Harga Tiket

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis