Pemkab Klaten Kembangkan Destinasi Wisata Berkelanjutan

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, sukses melakukan langkah produktif mendorong perbaikan lokasi wisata secara berkelanjutan.

Bupati Klaten Sri Mulyani juga membikin platform Ayo Piknik Klaten alias "APIK".

Platform tersebut diharapkan dapat mempermudah masyarakat lantaran di dalamnya menyediakan banyak info mengenai wisata di Kabupaten Klaten, antara lain wisata kuliner, produk ekonomi kreatif, destinasi wisata, event Klaten, penginapan, dan akomodasi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pemkab Klaten juga membikin aktivitas transformasi wilayah aliran sungai (DAS) menjadi destinasi bagus nan cantik, sehingga membawa akibat peningkatan ekonomi bagi masyarakat.

Salah satu wisata berkepanjangan nan dikembangkan di Klaten adalah Sungai Pusur.

Sungai Pusur merupakan anak sungai Bengawan Solo nan berada di tiga wilayah manajemen Kabupaten Boyolali, Kabupaten Klaten, dan Kabupaten Sukoharjo.

Dahulu Sungai Pusur adalah tempat pembuangan sampah nan sekarang dikelola dan disulap menjadi tempat wisata. DAS Pusur ini dikelola oleh PT Tirta Investama Aqua Pabrik Klaten.

Kemudian ada Umbul Ponggok nan menjadi contoh destinasi sustainable tourism nan cukup unik dan menarik perhatian visitor untuk berpiknik ke Klaten. Konsep sustainable tourism nan ada di Umbul Ponggok adalah pengelolaan berkepanjangan alias upaya pariwisata.

Sejak awal, lokasi wisata nan berlokasi di Desa Ponggok ini mempunyai potensi sumber air nan melimpah. Hal tersebut mendorong masyarakat memanfaatkan sumber daya air nan biasanya hanya digunakan sebagai irigasi sawah menjadi atraksi wisata, berupa latihan menyelam, berswafoto di dalam air, hingga snorkeling.

Masyarakat lokal nan terjun langsung mengelola Umbul Ponggok menjadi kunci sukses lokasi wisata ini. Dengan support penuh masyarakat nan terlibat dalam memanfaatkan potensi alam nan dimilikinya, sekarang Umbul Ponggok menjadikan salah lokasi wisata dengan penghasilan tinggi, ialah mencapai Rp4 miliar/tahun.

Tak hanya itu Pemkab Klaten telah membentuk 35 desa wisata.

Pemkab Klateng salah satu wilayah nan bakal mendapat penghargaan dalam aktivitas CNN Indonesia Awards.

Ajang penghargaan ini bakal dilaksanakan di Semarang, Jawa Tengah pada Rabu (14/8) malam dan mengangkat tema "Dari Jawa Tengah untuk Indonesia Gemilang."

Penghargaan CNN Indonesia Awards dapat disaksikan secara langsung oleh masyarakat melalui CNN TV, situs CNN Indonesia, dan juga YouTube CNN Indonesia.

Pada kesempatan kali ini,CNN Indonesia Awards bakal memberikan penghargaan kepada pemerintah kota/kabupaten, jejeran menteri, BUMD, dan pihak swasta nan berada di Semarang, Jawa Tengah.

Sejumlah kategori penghargaan nan diberikan di antaranya Public Government, Private Sector, State Regional Enterprise, Special Award, dan Lifetime Achievement Award.

Sebelumnya, arena CNN Indonesia Awards pertama telah digelar di Makassar, Sulawesi Selatan pada Maret 2024. Dilanjutkan arena kedua nan dihelat di Denpasar, Bali pada Mei 2024.

(tim/fra)

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional