Pemkab Kudus Sukses Kembangkan Smart Village, Terbanyak di RI

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Semarang, CNN Indonesia --

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus menerapkan konsep Smart Village alias Desa Cerdas. Dengan menerapkan konsep ini, Kabupaten Kudus mempunyai 45 Desa Cerdas, jumlah ini terbanyak dibandingkan kabupaten lain di Indonesia.

Desa Cerdas merupakan program nan berangkaian dengan pembangunan desa, pemberdayaan masyarakat berbasis info mikro, pelayanan kepada masyarakat serta pihak lain berbasis digital.

Penerapan Desa Cerdas ini tidak lepas dari keahlian tata kelola pemerintahan dengan memanfaatkan teknologi informasi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dengan melibatkan pemuda imajinatif di Kabupaten Kudus, Desa Cerdas bisa menunjang desa lebih berkekuatan saing dalam segala aspek melalui penerapan digitalisasi.

Profil Kabupaten Kudus

Kabupaten Kudus, Jawa Tengah adalah salah satu nominasi pemenang di arena CNN Indonesia Awards kelima nan bakal digelar pada Rabu (14/8).

CNN Indonesia Awards nan digelar di Semarang merupakan arena penghargaan kelima, dan mengangkat tema: "Dari Jawa Tengah untuk Indonesia Gemilang."

Sebelumnya, arena CNN Indonesia Awards pertama telah digelar di Makassar, Sulawesi Selatan pada Maret 2024. Dilanjutkan arena kedua nan dihelat di Denpasar, Bali pada Mei 2024. Kemudian di Palembang, Sumatra Selatan pada Juli 2024, dan di Medan, Sumatra Utara pada 9 Agustus 2024.

Kudus adalah Kabupaten di Jawa Tengah nan terletak di antara empat Kabupaten. Sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Jepara dan Kabupaten Pati, sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Pati.

Kemudian di sebelah selatan dengan Kabupaten Grobogan dan Pati serta sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Demak dan Jepara.

Secara administratif Kabupaten Kudus terbagi menjadi 9 Kecamatan dan 123 Desa serta 9 Kelurahan, seperti dikutip dari laman Pengadilan Agama Kudus.

Saat ini, Kabupaten Kudus dipimpin oleh Bupati Kudus H.M. Hartopo dengan visinya adalah, "Kudus bangkit menuju Kabupaten modern, religius, cerdas, dan sejahtera."

Sementara misinya adalah mewujudkan masyarakat Kudus nan berkualitas, kreatif, inovatif dengan memanfaatkan teknologi dan multimedia dan mewujudkan pemerintahan nan semakin andal Untuk peningkatan pelayanan publik.

Selain itu juga mewujudkan kehidupan nan toleran dan kondusif, memperkuat ekonomi kerakyatan nan berbasis kelebihan lokal dan membangun suasana upaya nan berkekuatan saing.

(juh)

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional