Pemprov DKI Jakarta Pastikan KJMU untuk Mahasiswa Cair Besok

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 26 Jun 2024 14:14 WIB

Pemprov DKI Jakarta menetapkan 15.649 mahasiswa penerima untuk KJMU tahap I tahun 2024. Ilustrasi. Pemprov DKI Jakarta bakal mencairkan KJMU kepada penerima pada Kamis (27/6). (Istockphoto/William_Potter)

Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memastikan Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU) bakal cair dan terdistribusi kepada penerima paling lambat pada Kamis (27/6). Jumlah mahasiswa penerima untuk tahap I tahun 2024 ialah sebanyak 15.649 orang.

"Iya, mudah-mudahan besok cair KJMU," kata Plt Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Budi Awaluddin di Balai Kota DKI, Rabu (26/6).

Budi menjelaskan penerima nan baru terdaftar di tahap I tahun 2024 perlu proses pembukaan rekening, cetak kitab tabungan dan ATM, penyerahan kitab tabungan dan ATM, serta pemindahbukuan biaya ke rekening penerima.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pemprov DKI Jakarta menetapkan sebanyak 15.649 penerima KJMU pada tahap I tahun 2024. Jumlah itu didapatkan usai melakukan verifikasi kepantasan terhadap para pendaftar.

Program support sosial KJMU bekerja sama dengan 124 perguruan tinggi dari 45 provinsi dan 67 kabupaten/kota. Saat ini terdapat 104 perguruan tinggi negeri (PTN) dan 13 perguruan tinggi swasta (PTS) nan terdaftar dalam program KJMU.

"Pendistribusian KJMU dilakukan dengan sangat selektif oleh DKI Jakarta. Penerima KJMU merupakan penduduk nan sangat membutuhkan, tetapi juga kudu mempunyai etos belajar nan tinggi sehingga meraih masa depan nan lebih baik," ujar Budi.

Penerima bakal mendapatkan support sebesar Rp9 juta per semester dari KJMU. Besaran biaya KJMU tersebut digunakan untuk dua alokasi pembiayaan kebutuhan mahasiswa.

Pertama, biaya penyelenggaraan pendidikan nan dikelola oleh PTN alias PTS sebagai pelunasan Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Kedua, biaya hidup mahasiswa nan dapat berupa biaya buku, makanan bergizi, transportasi dan biaya pendukung individual lainnya.

"Disdik DKI Jakarta bakal terus mengawal anggaran shopping milik wilayah agar penyalurannya tepat sasaran sehingga mewujudkan asas keadilan untuk masyarakat DKI Jakarta," kata Budi.

KJMU merupakan program strategis wilayah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan bagi mahasiswa nan berasal dari family tidak bisa agar memenuhi kriteria untuk menempuh pendidikan program Diploma/Sarjana (jenjang D3, D4, dan S1) sampai selesai tepat waktu.

(lna/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional