Pemprov DKI Langsung Cetak 8,3 Juta KTP DKJ Saat Keppres IKN Terbit

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 19 Jul 2024 05:00 WIB

Kadisdukcapil menjamin blanko untuk penggantian KTP dari DKI Jakarta ke DKJ tercukupi nantinya. Ilustrasi. Kadisdukcapil menjamin blanko untuk penggantian KTP dari DKI Jakarta ke DKJ tercukupi nantinya. (CNN Indonesia/Ramadhan Nur Fadillah)

Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyatakan bakal langsung mencetak 8,3 juta KTP penduduk Jakarta setelah surat Keputusan Presiden (Keppres) tentang pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Nusantara di Kalimantan diterbitkan presiden.

"(Jumlahnya) 8,3 juta. Keppresnya keluar itu langsung kita cetakkan," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta Budi Awaludin di Balai Kota DKI, Kamis (18/7).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Budi pun memastikan blanko penggantian KTP penduduk Jakarta dari DKI ke DKJ pun tercukupi. Menurutnya, segala proses penggantian tersebut baru bisa dilakukan setelah status DKI Jakarta secara resmi berubah menjadi Daerah Khusus Jakarta (DKJ).

"(Blanko) sudah aman. Setelah Keppresnya keluar kita bisa langsung lakukan. Kita nunggu Keppresnya," ujarnya.

Budi sebelumnya memastikan penggantian KTP penduduk Jakarta tidak berakibat terhadap pelayanan publik nan menggunakan NIK.

Ia menyebut KTP penduduk Jakarta bakal berubah pada status provinsi nan awalnya Daerah Khusus Ibu Kota menjadi Daerah Khusus Jakarta.

Status Jakarta sebagai ibu kota baru bisa tergantikan oleh Nusantara di Kalimantan apabila Keputusan Presiden tentang UU IKN terbit. Belum diketahui kapan patokan itu diterbitkan.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) juga belum bisa memastikan kapan Keppres pemindahan Ibu Kota dari Jakarta ke Nusantara diterbitkan.

Orang nomor satu di Indonesia itu hanya menyebut Keppres bisa saja diterbitkan sebelum HUT Indonesia ke-79.

Akan tetapi, Jokowi tak menutup kemungkinan beleid itu baru terbit setelah presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto dilantik pada Oktober mendatang.

(lna/kid)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional