Pemprov DKI Siapkan 8.426 Kursi PPDB Bersama Jenjang SMP, SMA, SMK

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Pemprov DKI Jakarta menyiapkan 8.426 bangku untuk jalur Calon Peserta Didik Baru (CPDB) nan mendaftar lewat PPDB Bersama 2024 di jenjang SMP, SMA, dan SMK.

"Jumlah PPDB berbareng ini totalnya 8.426," ujar Plt Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Budi Awaludin di Kantor Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Jakarta, Senin (20/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Budi menyampaikan jumlah bangku untuk jalur PPDB Bersama pada tahun ini bertambah dibanding tahun sebelumnya.

Kini, PPDB Bersama juga terdapat untuk jenjang SMP. Adapun sebelumnya PPDB Bersama hanya tersedia untuk jenjang SMA dan SMK.

"Jadi PPDB Bersama alhamdulillah dari tahun ke tahunnya selalu meningkatkan jumlahnya. Dengan melibatkan swasta, jika dulunya hanya di jenjang SMA dan SMK, saat ini sudah ditambah menjadi ada juga SMP sebanyak 1.731. Hal ini tiada lain untuk ekspansi akses pendidikan. Dan ini sekali lagi menjadi role model di provinsi lainnya," jelas Budi.

PPDB Bersama merupakan bagian dari PPDB DKI Jakarta nan memungkinkan CPDB SMP, SMA,SMK memilih sekolah swasta dengan jalur afirmasi. Adapun CPDB nan diterima melalui PPDB Bersama bisa sekolah cuma-cuma lantaran biaya sekolahnya ditanggung oleh Pemerintah Provinsi.

PPDB Bersama ini bermaksud memperluas daya tampung pada Sekolah Negeri nan tetap terbatas untuk jenjang SMP, SMA dan SMK.

"Jadi untuk sekolah-sekolah swasta, jadi mereka bisa langsung mendaftar ke sekolah tersebut. Tapi, ini hanya ditujukan bagi mereka (red, CPDB) nan tidak mampu. Gratis," kata Budi.

Dalam kesempatan nan sama, Wakil Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Purwosusilo pun merinci soal jumlah sekolah swasta nan terlibat dalam PPDB Bersama tahun ini.

Pada jenjang SMP, terdapat 138 sekolah nan terlibat dengan daya tampung sebanyak 1.731 kursi.

Lalu, untuk jenjang SMA, terdapat 121 sekolah dengan daya tampung 2.671 bangku nan terlibat dalam PPDB Bersama. Sementara itu, bagi jenjang SMK, ada 147 sekolah nan dilibatkan dengan daya tampung 4.024 kursi.

"Total sekolah swasta nan kita libatkan dalam PPDB Bersama, total jenjang SMP, SMA, SMK adalah 406 sekolah swasta dengan daya tampung 8.426," kata Purwosusilo.

(pop/fra)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional