Pendaftaran Capim KPK Usai, Pansel Persilakan Masyarakat Beri Masukan

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 16 Jul 2024 09:26 WIB

Pansel KPK bakal mengecek berkas perkara para pendaftar. Selanjutnya, penduduk bisa memberikan kritik-saran lewat website. Ilustrasi. Pansel Capim dan Dewas KPK bakal mengecek berkas perkara para pendaftar. Selanjutnya, penduduk bisa memberikan kritik-saran lewat website. (CNN Indonesia/Andry Novelino)

Jakarta, CNN Indonesia --

Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan dan Dewan Pengawas KPK mempersilakan masyarakat menanggapi calon-calon nan mendaftarkan diri sebagai ketua dan majelis pengawas KPK.

Wakil Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Capim dan Dewas KPK Arief Satria mengatakan tanggapan bisa disampaikan melalui Administrasi Panitia Seleksi Elektronik (Apel) di tautan apel.setneg.go.id.

"Terhitung sejak tanggal 24 Juli sampai dengan 24 Agustus 2024, kami mengharapkan masukan dan tanggapan dari masyarakat atas calon-calon nan telah lolos seleksi manajemen ini," kata Arief melalui keterangan video, Selasa (16/7).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Arief mengatakan ada 525 orang pendaftar hingga masa pendaftaran ditutup pada Senin (15/7) pukul 23.59 WIB. Jumlah itu terdiri dari 318 orang calon ketua KPK dan 207 orang calon Dewan Pengawas KPK.

Dia mengucapkan terima kasih atas partisipasi masyarakat dalam pendaftaran capim KPK. Arief mengatakan Pansel bakal mengecek berkas para pendaftar sebelum dilempar ke publik.

"Selanjutnya kami bakal melakukan verifikasi atas dokumen-dokumen nan telah diunggah dan bakal mengumumkan hasilnya pada tanggal 24 Juli 2024 melalui aplikasi Apel serta laman kpk.go.id serta setneg.go.id," ujarnya.

Adapunsejumlah nama menyatakan maju dalam seleksi capim KPK. Dua di antaranya adalah komisioner petahana, Nurul Ghufron dan Johanis Tanak.

Lalu ada Deputi Pengawasan Internal dan Pengaduan Masyarakat (PIPM) KPK Harry Muryanto; mantan Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat (Dikyanmas) KPK Giri Suprapdiono; Kepala Training Pusat Edukasi Antikorupsi (ACLC) Hotman Tambunan; dan mantan Kepala Bagian Rumah Tangga KPK Arien Marttanti Koesniar.

Deputi Pencegahan dan Monitoring Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Pahala Nainggolan juga ikut mencalonkan diri. Begitu pula mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said.

(dhf/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional