Pendaftaran CPNS atau CASN 2024 Sudah di Depan Mata, Simak Syarat dan Tata Caranya

Sedang Trending 5 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Pendaftaran seleksi aparatur sipil negara disingkat CASN 2024 sudah di depan mata. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullan Azwar Anas bilang seleksi ini bakal berjalan lebih dari sekali di tahun ini.

Hal ini berlandas Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara, mewujudkan elastisitas penataan ASN.

“Jadi, UU ASN nan baru memberi ruang terbuka dan memudahkan pemerintah pusat sampai wilayah dalam mengatur rekrutmen, tidak terpaku pada pola tertentu, agar organisasi dapat melangkah dinamis,” kata Anas di Jakarta, Jumat, 12 Januari 2024, seperti dikutip dari Antara. 

Pun untuk tahapnya ada pengadaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) nan direncanakan bulan Mei.

Syarat Daftar CPNS 2024

Seleksi CPNS dilakukan menggunakan sistem tes berbasis komputer alias computer assisted test (CAT) secara nasional dengan memanfaatkan teknologi digital, sehingga lebih akuntabel dan transparan. Seleksi berbasis daring (online), termasuk teknologi pengenalan wajah (face recognition) sehingga potensi kecurangan dapat ditekan. Nilai seleksi juga dapat diakses secara waktu nyata (real-time) dan disiarkan melalui YouTube. 

Adapun syarat daftar CPNS nan tercantum Pasal 5 Peraturan Menteri PANRB Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pengadaan Pegawai Negeri Sipil sebagai berikut:

1. Berusia paling rendah 18 tahun maksimal 35 tahun saat mendaftar

2. Tidak pernah dijatuhi balasan pidana sesuai dengan putusan pengadian nan berkekuatan norma tetap akibat tindak pidana dengan penjara 2 tahun alias lebih.

3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri alias tidak dengan hormat sebagai PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI), personil Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), alias diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.

4. Tidak berstatus sebagai CPNS, PNS, prajurit TNI, alias personil Polri.

5. Tidak menjadi anggota, pengurus partai politik (parpol), alias terlibat politik praktis.

6. Mempunyai kualifikasi pendidikan umum sesuai dengan persyaratan kedudukan nan dilamar.

7. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan ketentuan kedudukan nan dilamar.

Iklan

8. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) alias negara lain nan telah ditetapkan oleh lembaga pemerintah.

9. Persyaratan lain mengenai seleksi CPNS sesuai dengan kebutuhan kedudukan nan ditentukan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK). 

Cara Daftar Seleksi CPNS 2024

Pendaftaran CPNS dan PPPK 2024 dilakukan secara daring (online) melalui laman Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN). Berikut langkah mendaftarnya:

- Kunjungi situs https://sscasn.bkn.go.id.

- Ketuk tombol ‘Registrasi’.

- Isi info diri mencakup nama lengkap, Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan nomor Kartu Keluarga (KK).

- Unggah beberapa dokumen.

- Pilih instansi, jenis seleksi, jenis formasi, pendidikan, serta jabatan.

- Lengkapi info diri sesuai instruksi.

- Cetak kartu pendaftaran dan tunggu pengumuman seleksi manajemen CPNS 2024 alias PPPK.

MELYNDA DWI PUSPITA | ANDIKA DWI
Pilihan editor: PUPR, Kemensos dan Kemenhub Rekrut 84 Ribu CASN Tahun Ini, Simak Formasinya

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis