Pendaftaran Jutaan CPNS Terganggu, Ombudsman Minta Pemerintah Jelaskan Persoalan E-Meterai ke Publik

Sedang Trending 4 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, JakartaAnggota Ombudsman RI, Robert Na Endi Jaweng, meminta pemerintah memberikan penjelasan kepada publik soal terkendalanya akses pembelian e-meterai pada masa pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024.

"Keluhan calon peserta seleksi CPNS mengenai kelangkaan e-meterai dan sulitnya akses perlu mendapatkan penjelasan dari pemerintah," kata Robert dalam keterangan tertulis nan diterima Tempo, Senin, 9 September 2024.

E-meterai merupakan salah satu syarat nan diwajibkan bagi pelamar CPNS 2024. Namun, Robert mengatakan tanggungjawab ini tidak dibarengi dengan persediaan e-meterai dan kemudahan akses. Akibatnya, terjadi kelangkaan kuota e-meterai dan sulitnya mengakses website mitra distribusi.

“Hal ini disebabkan salah satunya, PT Peruri hanya berkuasa dalam pengadaan namun tidak bisa menjual langsung ke publik," kata Robert.

Berdasarkan temuan Ombudsman, Robert mengatakan meterai diselenggarakan oleh 26 distributor. Namun hanya ada 10 pemasok nan aktif melakukan penjualan kepada masyarakat umum.

“Permintaan nan sangat tinggi bakal e-meterai terjadi menjelang akhir pendaftaran CASN tahun 2024 memerlukan langkah antisipasi oleh PT Peruri ialah peningkatan produksi e-meterai dan kapabilitas ruang server," kata Robert.

Selain itu, Ombudsman meminta pemerintah melakukan reviu dan perbaikan terhadap sistem pengadaan, distribusi, dan pembelian e-meterai agar kompatibel dengan skema upaya dan kemudahan akses distribusinya.

Iklan

Ombudsman telah menyampaikan masukan ini kepada PT Peruri dalam pertemuan koordinasi dan monitoring perihal penyelenggaraan seleksi CPNS 2024 pada Jumat, 6 September 2024.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah memperpanjang masa pendaftaran seleksi CPNS di portal SSCASN nan sebelumnya berhujung pada 6 September 2024 menjadi 10 September 2024 pukul 23.59 WIB. Perpanjangan masa pendaftaran ini sesuai dengan Surat Kepala BKN 5419/B-KS.04.01/SD/K/2024 tentang Jadwal Seleksi Pengadaan CPNS TA 2024.

Dalam keterangannya di Jakarta, Kamis,5 September 2024 Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen mengatakan bahwa penyesuaian agenda pendaftaran ini bermaksud untuk mengakomodasi pelamar nan belum sukses menyelesaikan tahapan pendaftaran di portal.

“Kendala teknis seperti pembelian dan pemanfaatan meterai elektronik (e-meterai) nan mengalami gangguan sehingga menghalang penyelesaian pendaftaran di portal. Hal itu menjadi aspek utama penyesuaian jadwal," katanya.

Pilihan Editor: Terkini: Toyota Raize dan Innova Zenix Viral usai Ditumpangi Paus Fransiskus, Prabowo Naikkan Gaji ASN Tahun Depan

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis