Pengamat Prediksi Nasib Airin di Pilgub Banten Usai Airlangga Mundur

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review Ujang Komarudin memprediksi Airin Rachmi Diany batal maju sebagai calon gubernur di Pilgub Banten 2024 usai ada pergantian ketua umum Partai Golkar.

Ujang mengatakan support kepada sejumlah calon kepala wilayah di Pilkada 2024 nan diberikan pada era kepemimpinan Airlangga Hartarto bakal disesuaikan dengan selera ketua umum Golkar nan baru dan kepentingan Partai Beringin.

Ia menduga nantinya pasangan calon Andra Soni-Dimyati Natakusumah nan diusung oleh Gerindra, PKS, Demokrat, NasDem, dan PAN di Pilgub Banteng bakal melawan kotak kosong.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Banten itu sejak minggu lampau saya dapat berita kelihatannya Bu Airin tidak maju. Jadi kelak Pak Andra Soni-Dimyati bakal musuh kotak kosong," kata Ujang di CNNIndonesia TV, Selasa (13/8).

"Jadi hanya bakal dengan PDIP, dan PDIP pun tidak memenuhi syarat," imbuhnya.

Diakui alias tidak, kata dia, mundurnya Airlangga dari pucuk ketua Partai Golkar lantaran ada tekanan. Menurutnya, pergantian ketua umum Partai Kuning itu bakal berakibat terhadap rekomendasi nan diberikan kepada sejumlah calon di Pilkada mendatang.

"Kan udah ada tuh kasusnya Babah Alun Jusuf Hamka mengundurkan diri dari Golkar termasuk mengundurkan diri dari pencalonan kepala daerah. Kedua, bisa jadi nama Ridwan Kamil digeser. Apakah kelak Kaesang jadi calon gubernur dari Golkar alias KIM kan bisa jadi," jelasnya.

Sementara itu, DPD Partai Golkar Provinsi Banten belum mengetahui nasib pencalonan Airin Rachmi Diany di Pilgub Banten 2024 usai Airlangga Hartarto mengundurkan diri dari kedudukan ketua umum Partai Golkar.

"Nanti kita lihat, di Golkar itu kan ada sistem nan sudah baku," ujar Ketua DPD Golkar Banten, Ratu Tatu Chasanah kepada wartawan di Serang, Senin (12/8).

Ratu mengaku tetap menunggu hasil dari Munaslub Partai Golkar dan kebijakan ketua umum nan baru mengenai nasib Airin untuk menjadi calon gubernur di Pilkada Banten 2024.

"Hari ini jika tidak salah, ada rapat pleno di DPP untuk menentukan DPP dan Plt ini ditugaskan untuk Munas, tentu Munas dipercepat. Karena untuk menandatangani SK ke KPU kan ketua umum tetap," terangnya.

Ratu menyebut pengunduran diri Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum membikin nasib deklarasi pasangan calon kepala wilayah nan diusung Golkar tak menentu.

Partai Golkar dijadwalkan menggelar Munas pada 20 Agustus 2024 mendatang. Munas itu digelar menyusul mundurnya Airlangga Hartarto dari kedudukan ketua umum.

Partai Golkar resmi menunjuk Agus Gumiwang menjadi plt ketua umum untuk mempersiapkan gelaran Rapimnas dan Munas. Agus Gumiwang telah memastikan takkan maju berkontestasi di gelaran Munas nanti.

(lna/isn)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional