Penumpang di Bandara Sultan Iskandar Muda Aceh Diproyeksi Melonjak saat PON XXI, Angkasa Pura II Siapkan Penerbangan Tambahan

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - PT Angkasa Pura II (Persero) alias AP II memperkirakan jumlah penumpang pesawat dari dan menuju Aceh bakal mengalami peningkatan sekitar 33 persen saat periode penyelenggaraan PON XXI  pada 9-20 September 2024. Pengelola airport dan maskapai telah menyiapkan penerbangan tambahan (extra flight)

"Sejalan dengan adanya PON XXI nan diikuti kontingen dari seluruh provinsi dan tingginya animo masyarakat untuk menyaksikan, kami memperkirakan jumlah penumpang bakal meningkat sekitar 33 persen," ujar Pgs Executive General Manager Bandara Sultan Iskandar Muda, Andika Kusdwiyanka dalam keterangan tertulis Rabu, 28 Agustus 2024. 

Menurut Andika, dalam kondisi normal penumpang rata-rata di Bandara Sultan Iskandar Muda sekitar 2.200 penumpang per hari. Seiring dengan peningkatan penumpang tersebut, kata Andika, sejumlah maskapai penerbangan juga telah mengusulkan rencana penerbangan tambahan (extra flight). "Maskapai Garuda Indonesia dan Super Air Jet telah mengusulkan extra flight," kata Andika.  

Total ada extra flight nan diajukan kedua maskapai itu sebanyak 20 extra flight. Untuk mengakomodir peningkatan kontingen PON XXI dan penumpang reguler, menurut Andika, selain extra flight, Garuda Indonesia juga bakal mengoperasikan pesawat berbadan lebar (wide body) Airbus A330 dan B777 untuk melayani penerbangan dari dan ke Aceh.  

Di Bandara Kualanamu nan dikelola PT Angkasa Pura Aviasi sebagai bagian dari PT Angkasa Pura II, peningkatan jumlah penumpang juga diperkirakan terjadi saat PON XXI berlangsung.  

Selain Bandara Sultan Iskandar Muda, AP II juga menyiapkan Bandara Kualanamu di Deli Serdang untuk  menyambut kehadiran visitor dan kontingen PON XXI.  Pgs. SVP of Corporate Secretary PT Angkasa Pura II Cin Asmoro mengatakan rencana operasi telah dijalankan untuk memastikan kelancaran kehadiran seluruh kontingen melalui dua airport tersebut. 

Selanjutnya: “Bandara Sultan Iskandar Muda dan Bandara Kualanamu menjadi pintu masuk...."

  • 1
  • 2
  • Selanjutnya
Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis