Perkembangan Terbaru Pilgub di Jawa dan Sumatra, Jakarta hingga Sumut

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX
Daftar Isi

Jakarta, CNN Indonesia --

Makin mendekati dibukanya pendaftaran peserta Pilkada serentak 2024 partai-partai politik mulai menyodorkan sejumlah nama kondang masuk dalam bursa calon, termasuk untuk beberapa provinsi di Pulau Jawa dan Sumatra.

Berikut CNNIndonesia.com telah rangkum mengenai dinamika terbaru jelang pilkada di beberapa provinsi di Pulau Jawa dan Sumatra.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pilgub Jakarta

Nama Anies Baswedan sebagai petahana masih berkesempatan besar kembali berkontestasi di Pilkada Jakarta 2024. 

PKS menyodorkan Wakil Ketua Majelis Syuro partainya, Sohibul Iman, untuk bersanding dengan Anies di Pilgub Jakarta. NasDem pun mengakui mempertimbangkan pula Sohibul Iman untuk menemani Anies.

Ketua DPP Partai NasDem, Sugeng Suparwoto  menyebut Sohibul cukup mempunyai kapasitas, terutama dari riwayat pendidikan. Apalagi nan berkepentingan juga pernah menjadi Rektor Universitas Paramadina, Jakarta. Namun, dia menegaskan bahwa nama cawapres Anies saat ini tetap bergerak lantaran baru sebatas usul.

"Nah salah satunya memang kudu kita akui, Pak Sohibul Iman salah satu nan menurut pemahaman kita cukup mumpuni lah," kata Sugeng di kompleks parlemen, Selasa (9/7).

Sementara itu Golkar mengaku bersedia berada di belakang putra bungsu Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) jika berkeinginan maju ke Pilgub Jakarta 2024. Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto bahkan menyatakan bakal menyiapkan kadernya yang juga pengusaha, Jusuf Hamka, untuk mendampingi Kaesang di Jakarta.

Sementara itu, Kaesang malah mendorong eks Gubernur Jabar Ridwan Kamil untuk maju di Jakarta. RK diketahui memang sudah mendapatkan surat tugas dari Golkar untuk bersiap maju di Pilgub Jakarta alias Pilgub Jabar.

Kaesang Pangarep berjumpa Airlangga Hartarto di markas DPP Golkar di Jakarta Barat, Kamis (11/7).

Baca tulisan CNN Indonesia Ketua Umum PSIKaesang Pangarep berjumpa Airlangga Hartarto di markas DPP Golkar di Jakarta Barat, Kamis (11/7). (CNN Indonesia/Muhammad Naufal)

Pilgub Jatim

Untuk Pilgub Jatim, duet petahana Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak makin mendapatkan tambahan kekuatan koalisi pengusung. Terbaru, pada Jumat (13/7), DPP PPP menyerahkan rekomendasi untuk mendukung Khofifah-Emil di di Pilkada Jawa Timur 2024.

Plt Ketua Umum PPP, Muhamad Mardiono mengatakan support kepada Khofifah-Emil merupakan aspirasi baik dari kader dan senior partai. Pihaknya mau Khofifah melanjutkan kerja-kerjanya di wilayah tersebut.

Sementara itu, PDIP mengaku bakal menunggu akhir Juli untuk menentukan siapa penantang Khofifah untuk Pilgub Jatim.

Hal itu diutarakan Sekretaris DPD PDIP Jatim Sri Untari di tengah aktivitas Bincang Politik Pilgub Jatim Mencari Penantang Khofifah-Emil nan digelar Pokja Grahadi, Surabaya, Rabu (10/7).

"Tunggu akhir Juli ya," ucap Untari di penghujung sesi diskusi.

Dia mengatakan pengumuman PDIP siapa penantang Khofifah-Emil di akhir Juli itu bukan tanpa alasan. Sebab, kata dia, DPD PDIP Jatim tengah sibuk menata persiapan Pilkada di 38 kabupaten/kota.

"Memang kita sedang konsentrasi konsentrasi di kabupaten/kota. Jujur sedang seperti itu, dan dinamikanya tinggi di masing-masing kabupaten kota, butuh telaah, butuh kajian," ujarnya.

Pilgub Banten

DPP PDIP menyiapkan Ketua DPD PDIP Banten, Ade Sumardi untuk menjadi cawagub Airin Rachmi Diany di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2024.

Ketua DPP PDIP, Djarot Saiful Hidayat menyatakan nama Ade Sumardi telah disepakati. Bersama Airin, Ade bakal melawan poros koalisi Andra Soni-Dimyati Natakusumah.

Merespons itu, Golkar menghormati sikap PDIP nan menyiapkan kadernya. Menurutnya, komunikasi dan pendekatan merupakan perihal nan lumrah dalam politik seraya menyebut komunikasi sekarang terus berjalan.

"Kan pasti komunikasi pasti berjalan. Semuanya berjalan. Coba lihat, satu calon kemana-mana, tinggal nyantolnya di mana kita belum tahu," ucapnya.

Sementara itu, PSI menyatakan bakal berseberangan dengan Golkar di Banten.

Lalu, PPP nan baru saja menyatakan support kepada pasangan Andra Soni-Dimyati Natakusumah di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2024.

Selain PPP, Gerindra, dan PKS, keduanya saat ini telah mendapat support empat partai lain ialah NasDem, PAN, PKB, PSI. Tujuh partai itu total telah mengantongi 61 bangku dari 100 bangku DPRD.

Pilgub Jateng

PAN mengusulkan duet Ahmad Luthfi-Taj Yasin Maimoen di Pilkada Jateng 2024.

Luthfi saat ini adalah Kapolda Jateng, sehingga dia kudu tak lagi berdinas di Polri jika ikut kontestasi Pilgub Jateng.

Sekjen PAN Eddy Soeparno menyebut hingga sekarang mereka tetap terus berembug dengan parpol lain perihal itu seraya berkomunikasi intens dengan Luthfi dan Taj Yasin.

Kemudian, DPP PPP menyatakan support ke Taj Yasin selaku kadernya jika bakal kembali maju menjadi cawagub.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PPP Arwani Thomafi mengaku senang jika kadernya, Taj Yasin Maimoen didukung untuk kembali maju menjadi Cawagub Jateng. Namun, Arwani mengatakan pihaknya tetap memerlukan support partai lain.

Belakangan, Kaesang juga menguat jadi salah satu kontestan. Elektabilitas Kaesang di hasil survei cukup unggul. Hasil survei terbaru Indikator Politik Indonesia mencatat Kaesang unggul di simulasi semi terbuka 20 nama calon, simulasi 10 nama, dan simulasi delapan nama calon.

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad LuthfiIrjen Pol Ahmad Luthfi saat ini adalah Kapolda Jateng, sehingga dia kudu tak lagi berdinas di Polri jika ikut kontestasi Pilgub Jateng. (CNN Indonesia/Damar)

Pilgub Sumut

Jelang Pilkada Sumut 2024, menantu Jokowi, Bobby Nasution, memborong support dari enam partai politik, adalah dari Gerindra, Golkar, Demokrat, NasDem, PAN, dan PKB.

Merespons itu, Ketua DPD PDIP Sumut Rapidin menekankan tak mau Wali Kota Medan nan juga menantu Presiden Jokowi itu hanya melawan kotak kosong.

"Kalau hanya satu calon melawan kotak kosong apa itu demokrasi? Kalau saya ditanya sebagai Ketua DPD, saya bakal usulkan ke Ibu Megawati. Walaupun kita sendiri. Pasti kita membawa calon sendiri. Diloloskan alias tidak kami hanya bisa berdoa," kata Rapidin usai berjamu di Kantor DPW PKS Sumut di Medan, Rabu (10/7).

Sejauh ini PDIP Sumut menyodorkan dua nama ke DPP PDIP untuk melawan Bobby nanti. Dua nama nan disodorkan ke DPP PDIP untuk dipilih salah satu sebagai cagub Sumut dari partai itu adalah Nikson Nababan dan Edy Rahmayadi. 

Sementara itu, DPP PDIP tengah menyiapkan 'koalisi semut' untuk melawan koalisi gendut nan bakal mengusung Bobby Nasution di Pilgub Sumatera Utara 2024.

"Kita bakal berupaya untuk tetap membangun koalisi, membangun kerja sama dengan rakyat di bawah. Kita bakal corak koalisi sendiri. Biarkan semut melawan gajah," kata Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat di kompleks parlemen, Kamis (11/7).

Pilgub Sumbar

Teranyar, Gerindra dan PKS sepakat mengusung Mahyeldi Ansharullah-Vasco Ruseimy di Pilkada Sumatra Barat 2024.

Mahyeldi merupakan gubernur petahana Sumatra Barat. Ia terpilih pada Pilkada 2020. Sebelumnya dia juga pernah menjabat sebagai Wali Kota Padang dua periode.

Selain itu, dia juga menjabat sebagai Ketua DPW PKS Sumatra Barat. Sementara Vasco merupakan kader Gerindra, dia menjabat sebagai Ketua DPP.

Ketua DPD Gerindra Sumbar Andre Rosiade menyebut sekarang mereka tengah membangun komunikasi dengan partai lain guna memperkuat support terhadap duet tersebut.

(mnf/kid)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional