Perpanjangan Pendaftaran Pilkada Ditutup, 41 Daerah Lawan Kotak Kosong

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 05 Sep 2024 17:59 WIB

KPU menyatakan Pilkada 2024 di 41 wilayah bakal dilaksanakan dengan hanya ada satu pasangan calon nan bakal melawan kotak kosong. Ilustrasi musuh kotak kosong di Pilkada 2024. (REUTERS/WILLY KURNIAWAN)

Jakarta, CNN Indonesia --

KPU menyatakan penyelenggaraan Pilkada serentak 2024 di 41 wilayah bakal dilaksanakan dengan hanya ada satu pasangan calon nan bakal melawan kotak kosong.

Hal tersebut terjadi setelah KPU menutup masa perpanjangan pendaftaran calon kepala wilayah unik bagi wilayah dengan calon tunggal pada 4 September pukul 23.59 WIB.

Komisioner KPU Idham Holik menjelaskan jumlah pilkada melawan kotak kosong itu sudah berkurang. Ia menyebut ada penambahan pasangan calon di Kabupaten Puhowatu, Gorontalo dan Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Sulawesi Utara.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kini Kabupaten Puhowato dan Kepulauan Sitaro nan awalnya di 27-29 Agustus 2024 hanya ada 1 pasangan calon, sekarang sudah ada dua pasangan," kata Idham saat dihubungi, Kamis (5/9).

"Kini tinggal 1 provinsi dan 40 kabupaten/kota nan pasangan calonnya hanya 1 pasangan calon," imbuhnya.

Jika dirinci, pilkada dengan kotak kosong itu bakal terjadi di 1 provinsi, 35 kabupaten, dan 5 kota. Sebelum perpanjangan masa pendaftaran KPU menyebut ada 43 wilayah diikuti calon tunggal.

Adapun calon tunggal nan bakal berkontestasi di Pilkada serentak 2024 bakal melawan kotak kosong. Pemilih nan tak setuju dengan pasangan calon boleh mencoblos kotak kosong.

Pasangan calon tunggal pun bisa dinyatakan kalah jika tidak sukses mengumpulkan lebih dari 50 persen bunyi sah. Jika kalah, pemerintah pusat bakal menunjuk penjabat (pj.) kepala wilayah untuk memimpin wilayah tersebut hingga Pilkada Serentak 2029.

(mab/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional