Perry Warjiyo Kembali Pimpin ISEI, Ini Hasil Kongres XXII di Solo

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Solo - Perry Warjiyo kembali terpilih sebagai Ketua Umum Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) untuk kepengurusan periode 2024-2027. Pemilihan terlaksana dalam Kongres ISEI XXII nan digelar di Hotel Alila Solo, Jawa Tengah, Kamis-Jumat, 19-20 September 2024. 

Melalui Kongres 2024 tersebut, ISEI memberikan sejumlah rekomendasi jangka pendek dan jangka panjang untuk hadapi tantangan ekonomi global. 

Dalam konvensi pers nan digelar selepas kongres, Jumat, 20 September 2024, Perry mengemukakan ISEI mau memberikan kontribusi nyata bagi perkembangan perekonomian nasional melalui pendidikan, kebijakan, dan pengabdian kepada masyarakat. 

"Itu adalah kontribusi nyata ISEI, oleh lantaran itu ada strategi utama," ujar Perry. 

Strategi pertama, Perry menjelaskan, adalah gimana ISEI memberikan rekomendasi konkrit dalam perumusan kebijakan baik pusat maupun daerah. nan kedua, gimana ISEI memajukan kualitas akademi dan riset di perguruan tinggi. Lalu ketiga, adalah gimana isi bersinergi dengan lembaga pekerjaan lain di tingkat nasional maupun internasional.

"Tiga strategi ini didukung oleh organisasi ini nan komponennya ABG, ialah isi pengurusnya pusat maupun wilayah ada komponen dari akademisi, bumi upaya alias bisnis, serta pengambil kebijakan, apakah pemerintah pusat dan wilayah Bank Indonesia, OJK, pemda," tutur Gubernur Bank Indonesia itu.

Perry memaparkan komposisi akademisi, bisnis, dan pemerintah itu krusial agar setiap kajian, pendidikan, rumusan, hingga rekomendasi itu konkret dan dapat diimplementasikan untuk bersama-sama memajukan perekonomian nasional dan daerah. ISEI juga konsentrasi kepada empat hal. 

"Fokus tersebut ialah berangkaian dengan peningkatan transformasi ekonomi khususnya hilirisasi sumber daya alam dan pangan, digitalisasi ekonomi dan keuangan, pemberdayaan UMKM inklusif dan berkepanjangan di pusat dan daerah, dan program pemberdayaan pengurus dan personil ISEI di pusat dan di daerah," kata Perry menjabarkan.

Selanjutnya: ISEI juga memberikan rekomendasi untuk peningkatan ekonomi nasional....

  • 1
  • 2
  • Selanjutnya
Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis