Peserta Sidang MPR Beri 'Standing Ovation' ke Jokowi Usai Pidato

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 16 Agu 2024 11:35 WIB

Peserta Sidang Tahunan MPR 2024 melakukan standing ovation kepada Presiden Joko Widodo usai berpidato kenegaraan terakhirnya sebagai kepala pemerintahan. Peserta Sidang Tahunan MPR 2024 melakukan standing ovation kepada Presiden Joko Widodo usai berpidato kenegaraan terakhirnya sebagai kepala pemerintahan. (Foto: ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA)

Jakarta, CNN Indonesia --

Peserta Sidang Tahunan MPR 2024 melakukan standing ovation kepada Presiden Joko Widodo usai berpidato kenegaraan terakhirnya sebagai kepala pemerintahan.

Mulanya, presiden terpilih Prabowo Subianto nan berdiri dan menelungkupkan tangan ke Jokowi. Momen itu terjadi usai Jokowi menitipkan pembangunan Indonesia ke Prabowo.

Standing ovation adalah apresiasi terhadap seseorang dengan melakukan tepuk tangan sembari berdiri.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Izinkan saya juga menyerahkan semua angan dan cita-cita masyarakat Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote, dari pinggiran, dari wilayah terluar, dari desa, dari pusat-pusat kota kepada Bapak," kata Jokowi diikuti Prabowo nan telah berdiri.

Tak lama setelahnya, Jokowi pun rampung menyampaikan pidatonya. Akhir pidato Jokowi itu disambut tepuk tangan nan meriah oleh seluruh peserta sidang.

Hampir seluruh peserta sidang berdiri dan bertepuk tangan. Khususnya, mereka nan merupakan jejeran menteri Jokowi.
Mereka di antaranya adalah Menko Polhukam Hadi Tjahjanto, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menhan sekaligus presiden terpilih Prabowo Subianto, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, hingga Mensesneg Pratikno.

Dalam pidatonya, Presiden Joko Widodo menyampaikan permintaan maaf atas kesalahan selama menjabat presiden.

Jokowi mengatakan pihaknya telah berupaya penuh memberikan nan terbaik. Namun, dia memahami pencapaiannya tak bisa menyenangkan semua pihak.

"Saya dan Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma'ruf Amin minta maaf. Mohon maaf untuk setiap hati nan mungkin kecewa, untuk setiap angan nan mungkin belum bisa terwujud, untuk setiap cita-cita nan mungkin belum bisa tergapai. Sekali lagi, kami minta maaf," kata Jokowi di Sidang Tahunan MPR di Jakarta, Jumat (16/8).

(mnf/asa)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional