Pilkada 2024: Menilik Visi Misi Ekonomi Cagub-Cawagub Jakarta

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta resmi menetapkan Pramono Anung-Rano Karno, Ridwan Kamil-Suswono, dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana sebagai pasangan calon gubernur-calon wakil gubernur Jakarta dalam Pilkada 2024. Mengutip Antara, rencananya, KPU juga bakal mengadakan debat pertama pada 6 Oktober mendatang.

Lantas, apa saja visi misi ekonomi nan dibawa ketiga pasangan calon pemimpin Jakarta tersebut? Berikut rangkuman Tempo dari arsip visi-misi ketiga kandidat:

Pramono Anung-Rano Karno

Pramono-Rano mempunyai empat dimensi utama dalam pendapat misinya. Dalam perihal ekonomi, sebagaimana disampaikan dalam arsip visi misi mereka, Pramono-Rano ini mau memastikan pemerataan pembangunan ekonomi di seluruh wilayah Jakarta, sehingga menciptakan kesejahteraan nan merata bagi seluruh masyarakat.

Pasangan cagub-cawagub ini membawa misi ekonomi di urutan kedua. “Mewujudkan pusat ekonomi nan inovatif dan kompetitif dengan membuka akses seluasnya pada sumber kehidupan dan distribusi faedah hasil pembangunan nan merata dan berkeadilan,” demikian nan disampaikan Pramono-Rano dalam arsip visi-misinya.

 Misi tersebut kemudian dirinci dalam sejumlahh program kerja berikut:

  1. Mendorong UMKM dan ekonomi kreatif
  2. Revitalisasi pasar tradisional
  3. Wisata tematik dengan support transportasi publik nan baik
  4. Akses wisata, ruang kreatif, dan intermezo masyarakat
  5. Kepulauan Seribu sebagai destinasii dan pusat budaya Maritim
  6. Inovasi penggunaan ruang kota

Ridwan Kamil-Suswono

Maju di Pilkada Jakarta 2024, Ridwan Kamil-Suswono mengusung visi Jakarta baru sebagai kota dunia nan maju dengan karya inovatif, berkeadilan, dan sejahtera. Pasangan ini juga membawa misi mendorong pertumbuhan ekonomi nan eksklusif.

Ihwal visi misi  ekonomi, Ridwan-Suswono mempunyai sejumlah program, yakni:

  1. Penguatan suasana investasi dan kemudahan berusaha. Ridwan-Suswono berjanji menyederhanakan prosedur perizinan melalui jasa berbasis digital hingga memberi insentif fiskal.
  2. Pemberdayaan UMKM dan kewirausahaan. Salah satu  janji nan ditawarkan pasangan cagub-cawagub ini adalah akses angsuran murah untuk UMKM dan akses angsuran tanpa kembang bagi upaya mikro.
  3. Perluasan kesempatan kerja dan penguatan ketahanan kelas menengah
  4. Pemberdayaan dan peningkatan kapabilitas nelayan.

Dharma Pongkrekun-Kun Wardana

Pasangan cagub-cawagub Dharma Pongrekun-Kun Wardana mengusung visi: menjadikan Jakarta sebagai pusat perekonomian nasional dan dunia nan kondusif melalui reformasi jati diri demi terwujudnya rakyat nan beradab, harmoni, mandiri, makmur dan bahagia.

Dalam bagian ekonomi, pasangan cagub-cawagub ini mempunyai misi mewujudkan percepatan Jakarta sebagai pusat perekonomian nasional nan terintegrasi secara nasional, regional  dan dunia dalam simpul pariwisata, ekonomi kreatif, dan budaya melalui penguatan UMKM serta pemberdayaan masyarakat. Untuk mewujudkan visi misi tersebut, Dharma-Kun juga menjanjikan program:

  1. Kerja layak untuk seluruh buruh/pekerja Jakarta, termasuk kemitraan
  2. Jakarta Semua Bekerja
  3. Jakarta Kenyang dan Terlatih
  4. Jakarta Bebas Sampah Berbasis Masyarakat
  5. Pertanian Beradab Amankan Jakarta
  6. Ekonomi Sampah
  7. Jakarta Amankan Rakyatnya.

Pilihan Editor: Lowongan Kerja BUMN, PT Pelni Buka Pendaftaran dengan Kualifikasi Pendidikan ANT II hingga Lulusan S1

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis