Pilot Susi Air Bebas, Susi Pudjiastuti: Alhamdulillah Hirrabil Alamin

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengucapkan rasa syukur di postingan X miliknya @susipudjiastuti. Hal itu dikarenakan pilot Susi Air, Phillip Mark Mehrtens, bebas dari penahanan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat–Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM).

Penahanan nan dilakukan TPNPB-OPM terhadap pilot asal Selandia Baru itu terjadi sejak 7 Februari 2023. Dalam postingan X milik Susi, dia mengucapkan terima kasih kepada beberapa pihak pemerintah nan telah membebaskan salah satu pilot maskapai Susi Air itu.

"Alhamdulillah Hirabbil Alamiin, mendapat berita Captain Pilot Phillip Mehrtens telah kembali, sudah berada di Timika. Alloh Maha Besar dan Kasih,” ujar Susi dalam unggahan di media sosial X pada Sabtu, 21 September 2024.

Dalam pengamatan Tempo, Susi menjelaskan upaya nan dilakukan dalam membebaskan pilot Phillp Mark Mehrtens. Ia sempat mencantumkan beberapa situs pemberitaan, tentang pembebasan pilot maskapai Susi Air nan menjadi tahanan Organisasi Papua Merdeka selama 20 bulan.

Sementara itu, Kepala Operasi Satuan Tugas Damai Cartenz, Brigadir Jenderal Faizal Ramadhan membenarkan upaya pembebasan pilot Susi Air itu. Ia mengatakan Philip telah berada di Markas Komando Brigade Mobil Batalyon B/Timika dalam keadan nan baik-baik saja. 

"Kondisinya sehat," kata Faizal saat dikonfirmasi Tempo, Sabtu, 21 September 2024.

Iklan

Dihubungi terpisah, Kasatgas Hubungan Masyarakat Operasi Damai Cartenz, Komisaris Besar Bayu Suseno mengatakan pilot berumur 39 tahun itu dijemput tim campuran di Kampung Yuguru, Distrik Maibarok, Kabupaten Nduga pada pagi hari tadi.

"Kami terbangkan langsung ke Timika. Keadaan pilot sehat dan baik-baik saja," ujar Bayu.

Di Timika, Bayu melanjutkan, Philip bakal dibawa ke ruangan unik guna diberikan pertolongan medis sekaligus memastikan kondisi psikologisnya. "Setelahnya bakal dilakukan konvensi pers di Mako Brimob Batalyon B/Timika," ucap Bayu. 

Andi Adam Faturahman berkontribusi dalam pembuatan tulisan ini.

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis