Pimpinan Komisi III Ungkap 82 Anggota DPR Terlibat Judi Online

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 27 Jun 2024 17:12 WIB

Wakil Ketua Komisi III DPR Pangeran Khaerul Saleh menyebut ada 82 personil DPR nan terlibat gambling online. Setidaknya 82 personil DPR diduga terlibat gambling online dan bakal diproses oleh Mahkamah Kehormatan Dewan (CNN Indonesia/Poppy Fadhilah)

Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Ketua Komisi III DPR Pangeran Khaerul Saleh menyebut ada 82 anggota DPR nan terlibat gambling online.

"Ada 82 orang personil DPR RI nan terlibat judol. Mereka itu kelak bakal oleh PPATK mungkin beberapa hari ini bakal disampaikan, siapa nan diduga, kepada komisi III maupun ke MKD," kata Pangeran di Kantor DPP PAN, Jakarta, Kamis (27/6).

Pangeran menjelaskan Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) bakal segera memproses 82 orang tersebut. Ia menyebut 82 orang itu merupakan personil DPR aktif.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dia menyayangkan keterlibatan personil majelis dalam gambling online. Menurutnya, tak sepatutnya wakil rakyat terlibat dalam gambling online.

Sebelumnya dugaan keterlibatan personil majelis dalam transaksi gambling online mengemuka dalam rapat kerja antara Pusat Pelaporan dan Transaksi Keuangan (PPATK) dan Komisi III DPR, Rabu (26/6).

PPATK mengaku mengantongi info bahwa lebih dari seribu personil DPR, DPRD, dan pegawai Sekretariat Jenderal (setjen) jadi pemain.

Dari personil nan terlibat, PPATK mengungkap jumlah transaksinya mencapai 63 ribu dengan nomor transaksi bisa menyentuh ratusan juta hingga miliaran rupiah per orang.

Kepala PPATK Ivan Yustiavandana bakal menyerahkan info keterlibatan personil DPR dalam transaksi gambling online ke MKD DPR.

Ivan bakal menyerahkan info sekitar tujuh ribu transaksi gambling online di lingkungan DPR. Sementara, sisanya bakal dikomunikasikan dengan lembaga terkait.

Terpisah Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas meminta agar personil DPR nan terlibat gambling online diproses norma hingga ke pengadilan.

"Meminta pihak kepolisian agar memproses mereka-mereka nan telah melanggar norma dan ketentuan tersebut untuk dilimpahkan kasusnya ke kejaksaan diadili di pengadilan serta dijatuhi balasan sebagaimana mestinya," kata Anwar, Kamis (27/6).

Anwar juga meminta Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) mengadili personil DPR/DPRD nan bermain gambling online agar kehormatan dan keluhuran martabat lembaga perwakilan rakyat dapat terjaga.

(mnf/bmw)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional