PKB Desak Aksi Demo Muktamar Dibubarkan: Mereka Bukan Kader

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Sabtu, 24 Agu 2024 17:30 WIB

Wasekjen PKB Syaiful Huda meminta abdi negara kepolisian untuk membubarkan tindakan demonstrasi nan mendesak agar Muktamar PKB ke-6 di Bali untuk dibubarkan. Wasekjen PKB Syaiful Huda meminta abdi negara kepolisian untuk membubarkan tindakan demonstrasi nan mendesak agar Muktamar PKB ke-6 di Bali untuk dibubarkan. (CNN Indonesia/Ramadhan Rizki).

Jakarta, CNN Indonesia --

Wasekjen PKB Syaiful Huda meminta abdi negara kepolisian untuk membubarkan tindakan demonstrasi nan mendesak agar Muktamar PKB ke-6 di Bali untuk dibubarkan.

Huda juga meminta Kapolri Listyo Sigit Prabowo untuk memberikan atensi unik mengenai tindakan demonstrasi nan digelar tak jauh dari letak Muktamar ke-6 PKB.

"Kita minta abdi negara kepolisian pak kapolda mention langsung kepada pak kapolri lantaran mereka berencana untuk membikin kegaduhan di bumi Bali ini nan kita cintai ini kita minta agar tindakan itu dibubarkan secepat-cepatnya," kata Huda dalam konvensi pers di Bali Nusa Dua Convention Centre, Bali Sabtu (24/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Huda menegaskan para demonstran nan menggelar tindakan tersebut bukan bagian dari PKB alias peserta muktamar meski memakai atribut PKB.

Ia menilai tindakan tersebut adalah upaya penyelundupan untuk mengganggu aktivitas muktamar nan telah mempunyai izin dari pemerintah dan abdi negara kepolisian.

"Karena itu tindakan mereka adalah penyelundupan dari proses legal konstitusional penyelenggaraan muktamar ini dan nan sudah mendapatkan izin dari abdi negara kepolisian," jelas dia.

"Sekaligus kami pertegas mereka semua bukan kader PKB dan bukan pengurus PKB apalagi bagian peserta muktamar sama sekali tidak," sambungnya.

Lebih lanjut, Huda meminta abdi negara kepolisian mengusut dalang dari adanya tindakan demonstrasi tersebut.

"Ada penyelenggaraan indikasi penyelundupan dan apalagi potensi untuk membikir onar dalam acara. Karena itu kita minta tokoh intelektual diusut sampai tuntas," tutur dia.

Sebelumnya, sejumlah orang memakai atribut PKB menggelar demonstrasi tak jauh dari letak Muktamar ke-6 PKB.

Mereka juga membawa spanduk 'Muhaimin Pengkhianat Gus Dur' hingga 'Kembalikan PKB ke NU'.

Mereka tak bisa mendekat lantaran diadang abdi negara kepolisian dan pecalang. Hingga pukul 16:54 WITA massa tindakan tetap bertahan.

Koordinator Aksi Arwan mengatakan pihaknya menggelar tindakan menuntut untuk membubarkan Muktamar ke-6 PKB. Ia menilai Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) tidak sesuai dengan amanah Gus Dur.

"Iya kami menuntut agar muktamar PKB dibubarkan. (Alasannya) lantaran tidak sesuai, Muhaimin tidak sesuai dengan amanah nan disampaikan oleh pendiri partai (Gus Dur)," ujarnya.

(mab/sfr)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional