PKB DKI Usung Anies Maju Pilgub Jakarta, Kaesang Tak Masalah Diduetkan

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DKI Jakarta telah mendeklarasikan support kepada Anies Baswedan untuk maju sebagai bakal calon gubernur DKI Jakarta di Pilkada 2024.

"PKB DKI Jakarta memutuskan Anies Baswedan menjadi calon tunggal untuk mencalonkan di 2024-2029 Pilkada DKI Jakarta," kata Ketua DPW PKB DKI Jakarta Hasbiallah Ilyas di kantornya, Rabu (12/6).

Hasbiallah mengatakan support kepada Anies sebetulnya telah diputuskan pada rapat kerja PKB DKI Jakarta nan digelar di Puncak Bogor, Jawa Barat pada 8-9 Juni 2024.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Keputusan itu diambil berasas aspirasi dari tingkat ranting, DPC sampai DPW serta hasil verifikasi dari desk Pilkada DKI Jakarta.

"Jadi Pak Anies sudah UKK, sudah ambil formulir," ucapnya.

Hasbiallah menyampaikan DPW PKB DKI Jakarta bakal memberikan surat rekomendasi kepada Anies pada Kamis (13/6).

"Besok kita bakal berikan ke Pak Anies Baswedan, beliau untuk bekerja ke bawah turun ke masyarakat mensosialisasikan bahwa beliau mencalonkan gubernur dari PKB," tutur Hasbiallah.

DPW PKB DKI Jakarta lantas menginstruksikan kepada segenap jejeran pengurus partai hingga tingkat bawah untuk bergerak berbareng memenangkan Anies demi masa depan Jakarta.

Hasbiallah juga tidak menutup opsi memasangkan Anies dengan Ketum PSI Kaesang Pangarep sebagai calon gubernur-wakil gubernur Jakarta di Pilkada 2024. Ia mengaku sudah menjalin komunikasi dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

"Kita juga bersedia jika Mas Kaesang memang mau mencalonkan wakil gubernur DKI. Kita juga sudah komunikasi dengan PSI. Siapapun kita terbuka," ujarnya.

Kendati demikian, Hasbiallah mengatakan keputusan mengenai duet Anies dan Kaesang berada di tangan DPP PKB.

"Mudah-mudahan Anies-Kaesang," ujarnya.

Kaesang tak masalah duet Anies

Terpisah, Kaesang mengaku tak masalah jika dipasangkan dengan Anies di Pilkada Jakarta. Bahkan, dia memuji Anies mempunyai elektabilitas tinggi dalam hasil survei calon gubernur Jakarta belakangan ini.

"Ya, tak masalah. Itu saya kira itu juga baik, saya kira Pak Anies juga sekarang surveinya juga nan paling tinggi, jadi saya enggak masalah juga jika kelak pun bakal dipasangkan dengan Pak Anies," ujar Kaesang di instansi DPP PSI, Jakarta, Rabu (12/6)

PKB tetap kudu berkoalisi dengan partai lain agar memenuhi syarat kepemilikan bangku DPRD demi bisa mendaftarkan calon gubernur-wakil gubernur di Pilkada 2024.

Anies belakangan ini digadang-gadang maju kembali sebagai calon gubernur DKI Jakarta usai mengalami kekalahan di Pilpres 2024 lalu. Dukungan pun turut mengalir. Salah satunya dari DPW PKS DKI Jakarta nan bakal mengusung Anies.

Baru-baru ini Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP DKI Jakarta telah mengirimkan surat rekomendasi pencalonan Anies Baswedan di Pilkada DKI Jakarta 2024 ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP.

Ada pula golongan nan menamakan diri 'Relawan Kami Anies' juga berambisi Anies kembali maju menjadi calon gubernur Jakarta di Pilkada 2024.

Mereka juga mengusulkan agar ada partai politik nan mengusung Anies berpasangan dengan mantan Panglima TNI Andika Perkasa. Diketahui, Andika merupakan kader PDIP.

(lna/gil)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional