PKB Incar Posisi Cagub di Pilkada Jatim, Tak Mau Jadi Wakil

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 27 Jun 2024 05:25 WIB

DPW PKB Jawa Timur memastikan hanya menginginkan posisi calon gubernur di Pilkada Jatim 2024. Ilustrasi. DPW PKB Jawa Timur memastikan hanya menginginkan posisi calon gubernur di Pilkada Jatim 2024. (CNN Indonesia/Poppy Fadhilah)

Surabaya, CNN Indonesia --

DPW PKB Jawa Timur memastikan hanya menginginkan posisi calon gubernur di Pilkada Jatim 2024. Tak ada toleransi dan perihal itu merupakan nilai mati.

Hal itu diungkap Bendahara DPW PKB Jatim, Fauzan Fuadi. Ia menyebut partainya hanya mencalonkan Gubernur Jawa Timur, bukan calon Wakil Gubernur Jawa Timur.

"PKB mengusung cagub bukan cawagub [Jatim]," kata Fauzan saat dikonfirmasi, Rabu (26/6).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sebab, PKB bisa mengusung calon gubernur dan calon wakil gubernurnya sendiri di Pilkada Jawa Timur 2024 nanti, tanpa kudu berkoalisi dengan partai mana pun.

Hal itu lantaran perolehan bangku mereka di Pileg 2024 lampau mencapai 4.517.228 suara, alias setara dengan 27 bangku DPRD Jatim periode 2024-2029. Dengan kata lain, PKB adalah partai pemenang di Jatim.

Sementara untuk posisi cawagub, dia mengatakan partainya siap berkoalisi dengan partai-partai lain nan belum menentukan arah politik di Pilgub Jatim 2024.

"Cawagub bakal dimusyawarahkan berbareng partai koalisi nan bakal bergabung," ucapnya.

Sejauh ini, kata Fauzan, PKB Jatim tetap melirik mantan Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim, KH Marzuki Mustamar untuk diusung di Pilgub Jatim 2024.

"PKB tetap concern ke Kiai Marzuki," kata dia.

Namun, keputusan final soal siapa sosok nan bakal diusung PKB, kata Fauzan, perihal itu tetap ada di DPP PKB.

"Perkembangan lebih jauhnya kami belum tahu, lantaran ini semua adalah kewenangan DPP. DPW bakal alim apapun keputusannya DPP," pungkasnya.

(frd/isn)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional