PKB Sudah Final Gabung KIM Plus di Pilgub Jakarta 2024

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Sekjen Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Hasanuddin Wahid menyatakan partainya sudah final berasosiasi dengan Gerindra dan Koalisi Indonesia Maju (KIM) di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024.

Hasanuddin menyebut keputusan ini telah disepakati PKB. Ia juga membantah ucapan Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto nan mengatakan partainya membuka kesempatan koalisi dengan PKB di Jakarta.

"PKB sudah final bahwa PKB untuk Pilkada DKI Jakarta ini berbareng Gerindra. Jadi tidak ada pembicaraan di luar itu," ujar Hasanuddin di area Jakarta Pusat, Minggu (18/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kami pastikan PKB berbareng Gerindra dan siapa nan diusung kami juga mengetahui, lantaran itu apa pun pernyataan dari partai lain mengenai ke mana sikap PKB, saya pikir sudah jelas dan final PKB berbareng Gerindra di Pilkada DKI," lanjutnya.

Hasanuddin juga menegaskan PKB sepakat untuk berasosiasi dengan partai-partai lain nan masuk gerbong koalisi Gerindra. Hal ini berangkaian dengan wacana KIM Plus nan semakin menguat di Pilgub Jakarta.

KIM Plus juga dipastikan bakal mengusung Ridwan Kamil sebagai cagub, sementara Ketua Majelis Pertimbangan Pusat Partai Keadilan Sejahtera Suswono semakin santer disebut menjadi cawagub.

"Nanti mengikuti teman-teman partai nan lain, siapa wakilnya dan sebagainya," ujar Hasanuddin.

"Intinya kami berbareng Gerindra dan semua partai nan mendukung calon dari Gerindra di Pilkada Jakarta," lanjutnya.

Sebelumnya, RK telah diusung oleh KIM di Pilkada Jakarta 2024. Belakangan rumor KIM Plus di Jakarta pun menguat.

Beberapa parpol di luar KIM nan bakal berasosiasi ke koalisi di antaranya PKS dan NasDem. Tanggal pengumuman cagub-cawagub nan sama juga dilontarkan oleh PKS.

Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini menyebut mereka juga bakal mengumumkan paslon cagub-cawagub Jakarta pada 19 Agustus.

Namun, dia tetap enggan membeberkan siapa sosok nan bakal diusung nanti, termasuk apakah mereka bakal berasosiasi KIM alias tidak.

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto juga menanggapi rumor cawagub Ridwan Kamil bakal berasal dari PKS.

"Nanti pada saatnya kita umumkan. Biar ada apa ya. Ya, ada ketegangan dikit. Tapi kalian sudah tahu lah, wartawan lebih tahu kadang-kadang," ujar Prabowo di Kertanegara, Jakarta Selatan, Kamis (15/8).

(frl/gil)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional