PKKMB Politeknik Tempo Hari Ketiga, Astra Kenalkan Profesionalisme di Era Digital

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Masa Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Politeknik Tempo telah memasuki hari ketiga. Mengusung tema 'Profesionalisme di Era Digital', PKKMB hari ini mengundang Group Functional Committee (GFC) Co-Leader Communications and ESG di Astra Financial, Yulian Warman.

Dalam sesi ini, Yulian membagikan pengalamannya sebagai wartawan nan mengungkap kasus korupsi. “Pengalaman ini secara signifikan mengubah jalur pekerjaan saya,” katanya dalam keterangan tertulis, Rabu, 3 September 2024. Kepada para peserta, dia menekankan pentingnya melanjutkan hidup dan belajar dari pengalaman masa lampau agar bisaterus berkembang. 

Yulian juga memaparkan info terbaru mengenai pasar kerja Indonesia, nan menunjukkan penurunan jumlah pengangguran menjadi 7,2 juta pada Februari 2024. Meski ada kemajuan, ranking IQ Indonesia tetap berada di posisi 129 dari 197 negara. Hal ini mencerminkan adanya tantangan besar dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Dalam industri, Yulian menyebut ada empat fondasi utama, ialah 4.0: connectivity, data, computational power, analytics and intelligence, human-machine interaction, serta advanced engineering. Dia menyebut ada lima keahlian kunci untuk mencapai profesionalisme di era digital, ialah kerjasama dengan tim, berpikir kritis, keahlian beradaptasi, spesialisasi, dan pengelolaan emosi.

Tak hanya itu, Yulian menekankan pentingnya pengelolaan emosi dalam menghadapi dinamika bumi kerja nan terus berubah. Dia menyebut empat aspek krusial dalam kehidupan pribadi dan profesional—how I think, how I appear, how I behave, dan how I feel—sebagai pedoman untuk pengembangan diri.

Iklan

Meski telah memulai PKKMB pada pekan ini, Politeknik Tempo tetap membuka kesempatan bagi calon mahasiswabaru untuk mendaftar. Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) Politeknik Tempo bakal berjalan hingga akhir September 2024.

Politeknik Tempo Jakarta nan didirikan oleh PT Tempo Inti Media Tbk. dan Yayasan Rumah Edukasi Tempo resmidiluncurkan pada 31 Juli 2021 lalu. Sebelumnya, izinpendirian kampus vokasi ini turun melalui SK Kemendikub Nomor 057/D/OT/2021 nan terbit pada 9 April 2021. PoliteknikTempo mempunyai tiga program studi ialah Desain Media, Manajemen Pemasaran Internasional, dan Produksi Media. 

Pilihan Editor: Menjelang Masuk Perkuliahan, Calon Mahasiswa Baru Politeknik Tempo Belajar Bermedia Sosial

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis