PKS Kukuh Usung Sohibul Iman, Persilakan PKB Ambil Anies Jadi Kader

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 02 Jul 2024 18:06 WIB

PKS menegaskan bakal tetap mempertahankan Sohibul Iman cawagub pendamping Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024. PKS beri pesan ke PKB kukuh usung Anies Baswedan dan Sohibul Iman di Pilkada Jakarta 2024. ( CNN Indonesia/Mesha Mediani)

Jakarta, CNN Indonesia --

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS menegaskan bakal tetap mempertahankan Mohamad Sohibul Iman untuk maju sebagai cawagub pendamping Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024.

Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, Hidayat Nur Wahid mengaku belum memandang penolakan PKB terhadap usulan duet Anies-Sohibul. Menurut dia, jika PKB menolak lantaran argumen keduanya representasi PKS, HNW mempersilakan PKB mengambil Anies sebagai kadernya.

"Kalau kemudian salah satu argumen dari kawan-kawan PKB adalah setuju Pak Sohibul Iman asalkan Pak Anies bukan kader PKS, nah itu kan bisa diambil PKB," kata HNW di kompleks parlemen, Selasa (2/7).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

HNW mengatakan PKB mendapat untung jika bisa menjadikan Anies sebagai kader. Sebab, PKB bukan hanya bakal mendapat posisi gubernur, namun juga wakil gubernur.

Anies dan PKB juga merepresentasikan golongan Islam nan berbeda. Menurut HNW, jika PKB disebut mewakili golongan tradisionalis, Anies mewakili golongan modernis.

"Kan PKB disebutnya sebagai Islam tradisionalis, Pak Anies Islam modern. Ya, PKB ambil Pak Anies, jadilah ini corak pluralitas dari PKB," katanya.

HNW menyatakan usulan nama Sohibul telah mendapat respons positif dari Anies. Menurut dia, Anies telah berkawan dengan Presiden PKS, Ahmad Syaikhu.

Menurut dia, Anies merespons positif usulan tersebut. Bahkan, dia juga menyatakan Ketua Umum NasDem Surya Paloh juga menerima usulan tersebut.

HNW mengatakan pihaknya dalam waktu dekat bakal segera berjumpa dengan Muhaimin Iskandar. Menurut dia, hingga saat ini PKS belum berjumpa PKB lantaran Cak Imin baru saja pulang ibadah Haji.

"Mungkin beberapa hari ke depan bakal ada komunikasi. Tapi itu sudah dikomunikasikan dengan Pak Surya Paloh dan beliau memberikan sinyal nan sangat positif," kata HNW.

(thr/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional