PKS-PSI Jajaki Koalisi di Pilkada Banten, Lebak, hingga Bekasi

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Senin, 08 Jul 2024 22:10 WIB

PKS dan PSI mengaku telah sepakat menjalin koalisi di Banten, Lebak, hingga Bekasi. Pertemuan Ketum PSI Kaesang Pangarep dan Presiden PKS Ahmad Syaikhu. (CNN Indonesia/Arief Bimaputra)

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden PKS Ahmad Syaikhu mengatakan telah bermufakat dengan PSI untuk menjalin koalisi di Pilgub Banten 2024 dan Pilbup Lebak 2024.

Syaikhu menjelaskan PKS dan PSI bakal berdampingan mengisi sosok calon bupati dan calon wakil bupati nan diusung di Lebak.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Alhamdulillah, beberapa perihal sudah ada titik jumpa seperti halnya di Banten, kita dalam satu koalisi di provinsi dan juga di Kabupaten Lebak. Insya Allah juga kita PKS sebagai calon bupatinya dan wakilnya dari PSI," kata Syaikhu dalam konvensi pers di Kantor PKS, Jakarta, Senin (8/7).

Syaikhu berambisi kesepakatan koalisi ini juga bersambung di sejumlah wilayah lainnya di Pilkada 2024. Ia mengaku bakal mencari titik jumpa di wilayah lain.

"Mudah-mudahan kelak titik jumpa nan lain bakal juga kita coba cari bersama, kita inventarisir. Supaya ke depan ada juga kerja sama-kerja sama dalam upaya untuk pengusungan, baik sebagai kepala wilayah maupun wakil kepala daerah," jelas dia.

Selain itu, Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep tak menutup kemungkinan koalisi tersebut juga terjadi di Pilkada Bekasi 2024.

Ia mengaku terus berupaya agar koalisi PSI-PKS terwujud untuk memperkuat upaya memperebutkan bangku Bekasi 1.

"Kemungkinan Bekasi juga. Nanti wali kotanya dari PKS, wakil walikotanya kelak dari PSI. Tapi ya itu nan kita sedang jajaki semua, kita saling bekerja-sama untuk kebaikan bangsa ini dan saya pribadi juga bakal berkomunikasi dengan partai-partai nan lain mengenai pilkada," ucap Kaesang.

Sekjen PKS Aboe Bakar Al Habsyi mengatakan kesepakatan koalisi nan terjalin ini menunjukkan kerjasama antara PKS dan PSI adalah perihal nan mungkin terjadi.

Ia menepis pandangan nan menilai PKS dan PSI susah untuk berkomunikasi dan menemukan kesepakatan kerjasama politik.

"Intinya kita bakal menghilangkan pemahaman bahwa PSI dan PKS tidak bisa bertemu, rupanya bisa," tegas dia.

(mab/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional