PLN Beri Pelatihan Ekspor Untuk UMKM

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - PT PLN (Persero) memberikan training ekspor kepada 107 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Upaya ini dilakukan PLN sebagai corak support bagi UMKM agar dapat menembus pasar internasional.

Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo mengungkapkan, turut berkedudukan dalam pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui pengembangan UMKM adalah salah satu misi PLN.

“Sebagai penggerak perekonomian, PLN mau terus memperluas jangkauan pasar UMKM dan mempunyai daya saing hingga ke level internasional,” ungkapnya tertulis dalam press release nan diterbitkan Sabtu, 14 September 2024. 

Pelatihan ini diselenggarakan sebanyak enam kali secara daring dalam kurun waktu Agustus sampai September 2024. Adapun materi nan diberikan adalah mengenai langkah menjajaki potensi UMKM Indonesia di pasar beragam negara, meliputi India, Australia, Hongkong, Mesir, Taiwan, dan Jepang, serta pedoman untuk mempersiapkan UMKM menembus pasar ekspor.

Setelah melewati tahap pelatihan, peserta UMKM bimbingan PLN bakal dikurasi untuk turut serta dalam business matching saat Trade Expo Indonesia nan diselenggarakan pada 9-12 Oktober 2024 di Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai, Tangerang. Dalam kesempatan ini, para peserta bakal dipertemukan dengan calon pembeli dari luar negeri.

Kegiatan ini disambut positif oleh pelaku UMKM. Nurkamala (42), salah satu peserta training dari UMKM Fashters nan bergerak di bagian kerajinan tangan di Jakarta mengungkapkan bahwa training ini sangat berfaedah bagi dirinya dan rekan-rekan sejawat. Berkat training ini, dia sekarang mengetahui potensi dari produk-produk Indonesia di pasar global.

Iklan

"Kami dari Fashters berterima kasih kepada PLN dan bangga lantaran sudah mengikutsertakan dan memberdayakan kami UMKM di local champions agar bisa menembus pasar global. Ini menjadi kesempatan kami memasarkan produk kami untuk go global," ujarnya.

Ke depannya, PLN bakal terus berkomitmen untuk mendorong kemajuan dan keberlanjutan UMKM melalui peningkatan kapabilitas pelaku usahanya.

"Harapan kami PLN dapat semakin produktif dalam membantu UMKM untuk mengepakkan sayap hingga ke level global, sehingga dapat bertumbuh pesat dan meningkatkan ekonomi masyarakat," pungkas Darmawan.

Pilihan Editor: Ini Daftar Gurita Bisnis MNC Digital Entertainment Milik Hary Tanoe nan Baru Akuisisi Bisnis Raam Punjabi

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis