PLN Resmikan SUTET Muara Enim Dukung Pasokan Listrik Sumatera Selatan dan Lampung

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - PT PLN (Persero) meresmikan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) Muara Enim-Gumawang nan terletak di Sumatera Selatan. Dua Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) juga telah beraksi untuk mengoptimalisasikan pasokan aliran listrik ke masyarakat di Sumatera Selatan dan Lampung.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyebut PLN mengedepankan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) nan mencapai 90,92 persen untuk SUTET dan 70 persen untuk GITET.

Melalui Unit Induk Pembangunan Sumatera Bagian Selatan (UIP SBS), jelas Darmawan, PLN telah melakukan penyalaan pertama/energize SUTET dengan daya 275 kV. 

"Perseroan terus mendorong pembangunan Tol Listrik Sumatera nan merupakan salah satu proyek strategis nasional," kata Darmawan dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 10 Mei 2024.

Darmawan menyampaikan, SUTET berkekuatan 275 kV itu didukung GITET 275 kV Muara Enim dan GITET 275 kV Gumawang 3 x 250 Mega Volt Ampere (MVA).

Iklan

General Manager PLN UIP SBS, Wahidin, SUTET 275 itu terdiri atas 325 tower nan terhubung secara sistem ke Tol Listrik 275 kV Sumatera dan melintasi Kabupaten Muara Enim, Kabupaten OKU dan Kabupaten OKU Timur. 

"Tujuannya, SUTET bakal menopang sub-sistem Sumbagsel nan saat ini mempunyai beban puncak 2.512 Mega Watt (MW)," ujar Wahidin.

Wahidin menegaskan, selain untuk meningkatkan keandalan pasokan listrik, proyek ini ditujukan juga untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan investasi. 

Pilihan Editor: Pabrik Sepatu Bata Gulung Tikar, Berikut Perjalanan Bisnisnya di Indonesia

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis