Poin-poin Pidato Prabowo Subianto di Rakornas PAN

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden terpilih Prabowo Subianto hadir dalam aktivitas pengarahan teknis dan rapat koordinasi nasional (Rakornas) Pilkada 2024 nan digelar Partai Amanat Nasional (PAN) di Jakarta, Kamis (9/5) malam.

Kehadirannya disambut hangat para kader PAN. PAN merupakan salah satu partai pengusung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024. Mereka tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju berbareng Gerindra, Golkar, Demokrat, dan lima partai nonparlemen lainnnya.

Prabowo sempat menyampaikan pidato dalam aktivitas tersebut. Berikut poin-poin pidato Prabowo.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Janji makan cuma-cuma ke anak-anak, termasuk di Aceh-Sumbar

Prabowo berjanji memberikan makan siang cuma-cuma ke seluruh anak Indonesia, tak terkecuali di Aceh dan Sumatera Barat. Ia mau membawa kebaikan dan kesejahteraan untuk seluruh rakyat.

"Kita bakal buktikan kita membawa kebaikan, kesejahteraan untuk seluruh rakyat Indonesia. Kalau saya katakan kita kudu kasih makan untuk semua anak-anak kita, termasuk nan di Aceh, termasuk di Sumatera Barat," kata Prabowo.

Pada Pilpres 2024, Prabowo-Gibran kalah di Sumatera Barat dan Aceh. Provinsi ini dimenangkan oleh Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Prabowo menegaskan bakal membuktikan bahwa dia dan jejeran bakal bekerja untuk seluruh rakyat Indonesia tanpa pandang bulu.

Pihak nan tak mau bekerja sama jangan ganggu

Prabowo menghormati sikap pihak nan enggan bekerja sama dengannya di pemerintahan mendatang. Namun, dia meminta pihak-pihak tersebut tidak mengganggu.

"Yang tidak mau diajak kerja sama tidak apa-apa. Kalau ada nan mau nonton di pinggir jalan, silakan jadi penonton nan baik. Tapi jika sudah tidak mau diajak kerja sama, ya jangan mengganggu," kata Prabowo.

Prabowo menegaskan dia bakal berjuang berbareng seluruh kekuatan nan mau bekerja sama dalam membangun Indonesia ke depan. Ia menyatakan bakal mengamankan kekayaan Indonesia sepenuhnya untuk kepentingan bangsa.

"Orang lagi mau kerja kok. Kita mau kerja, kita mau kerja. Kita mau amankan kekayaan bangsa Indonesia," ujarnya.

Diminta Jokowi temui pemimpin bumi untuk investasi

Prabowo juga mengungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkannya untuk tur ke beragam negara dan berjumpa pemimpin bumi demi menarik investasi.

Jokowi, kata dia, mengingatkan bahwa investasi dari negara lain sangat diperlukan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi. Apalagi, sasaran Prabowo perekonomian bisa tumbuh hingga tujuh persen.

"Beliau malah perintahkan saya 'kau berangkat ke sini, kau berangkat ke situ, kau perkenalkan diri kepada pemimpin ini. Perkenalkan diri kepada pemimpin itu, lantaran kita butuh investasi'," kata dia.

Prabowo menuturkan investasi juga bermaksud untuk menciptakan lebih banyak lapangan pekerjaan di Tanah Air. Ia mau rakyat dapat lapangan kerja nan terhormat.

Jokowi perintahkan menteri beri info ke Prabowo

Tak hanya itu, Prabowo juga mengungkapkan Presiden Jokowi sudah memerintahkan menteri Kabinet Indonesia Maju untuk memberikan data-data kepada dirinya. Ketua Umum Partai Gerindra itu menyanjung Jokowi sebagai sosok pemimpin nan tulus dan tulus dalam memimpin.

"Saya berterima kasih sama Pak Jokowi beliau betul-betul pemimpin nan ikhlas, beliau membantu saya. Beliau menyuruh semua menteri memberi info kepada saya," kata Prabowo.

Prabowo juga menyampaikan Jokowi memberikan pengarahan kepadanya untuk berpergian dan memperkenalkan diri ke sejumlah pemimpin di dunia.

Bung Karno bukan milik satu partai

Pada kesempatan itu, Prabowo menyatakan sosok Presiden RI Sukarno dan pemikirannya bukan hanya milik satu partai, melainkan milik seluruh rakyat Indonesia.

"Walaupun ada nan ngaku-ngaku kan selalu bahwa seolah Bung Karno milik satu partai, tidak, Bung Karno milik seluruh rakyat Indonesia," kata Prabowo.

Namun, Prabowo tak menyebut partai mana nan seolah mempunyai Bung Karno tersebut.

Prabowo menegaskan bakal memperjuangkan apa nan menjadi cita-cita Bung Karno dulu, salah satunya adalah agar Indonesia berdikari namalain berdiri di kaki sendiri (berdikari). Ia pun menyatakan sejalan dengan Bung Karno nan tak bersedia kekayaan Indonesia hanya diperas bangsa lain.

Gagas daya dari sawit dan singkong

Prabowo juga menggagas swasembada daya alias bahan bakar minyak (BBM) sepenuhnya dari tanaman. Dia optimistis Indonesia bisa mencapai swasembada daya lantaran kekayaan alam Indonesia nan melimpah.

"Kita kudu swasembada BBM, dan kita diberi karunia oleh Tuhan mungkin kita sedikit dari banyak negara seperti kita, kita bisa 100 persen BBM kita kita hasilkan sendiri dari tanaman," kata Prabowo.

Prabowo menargetkan BBM jenis biofuel solar dari sawit hingga bensin dari etanol. "Etanol dari tebu, etanol dari singkong, etanol dari jagung, etanol dari tanaman-tanaman," ucapnya.

(rzr/tsa)

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional