Polda Sumbar Larang Pengendara Lintasi Lembah Anai Usai Banjir Bandang

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Minggu, 26 Mei 2024 00:06 WIB

Jalur pengganti Kota Padang-Bukittinggyang tersedia bagi pengendara setelah Lembah Anai ditutup adalah bisa melalui via Malalak, Kelok 44, dan Sitinjau Lauik. Ilustrasi. Alat berat untuk menangani kerusakan akibat banjir bandang di Sumbar.(ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Jakarta, CNN Indonesia --

Kepolisian Daerah Sumatra Barat (Sumbar) melarang seluruh pengendara dari arah Padang menuju Bukittinggi melintasi jalan Lembah Anai yang sedang diperbaiki setelah diterjang banjir bandang.

Hal itu sejalan dengan pengumuman nan dibuat oleh Pemerintah Provinsi Sumbar nan menutup jalan tersebut lantaran tetap dalam perbaikan setelah musibah banjir bandang pada Sabtu (11/5) lalu.

"Kami minta pengendara tidak nekad melintasi jalan di Lembah Anai demi keamanan dan keselamatan masing-masing," kata Kepala Bidang Humas Polda Sumbar Kombes Pol Dwi Sulystiawan di Padang, Sabtu (25/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dia mengatakan demikian lantaran beberapa waktu lampau kepolisian menemukan tetap ada pengendara nan nekad melintasi area tersebut meski sedang ada pengerjaan perbaikan dengan menggunakan alat-alat berat.

Oleh lantaran itu, pihaknya meminta pengertian masyarakat lantaran penutupan itu dilakukan untuk menjamin keselamatan pengguna jalan, serta memberikan kesempatan untuk pengerjaan prasarana nan rusak parah.

Sejak dihantam banjir bandang pada 11 Mei lalu, jalan nasional nan menghubungkan Padang dengan Bukittinggi itu putus total. Akibatnya pengendara nan datang dari arah Padang menuju Bukittinggi via Padangpanjang ataupun sebaliknya tidak bisa melintas sama sekali.

Penutupan dan perbaikan jalan itu diharapkan dapat mengembalikan kegunaan Jalan Lembah Anai kembali normal, sehingga mobilitas penduduk dan aktivitas ekonomi lancar kembali.

Jalur pengganti Padang-Bukittinggi

Dwi menjelaskan pihak kepolisian telah menyiapkan rencana pengalihan lampau lintas untuk mengurangi akibat penutupan jalan Lembah Anai terhadap aktivitas masyarakat.

Ia menyebut jalur pengganti Kota Padang-Bukittinggyang yang tersedia bagi pengendara setelah Lembah Anai ditutup adalah bisa melalui via Malalak, Kelok 44, dan Sitinjau Lauik.

"Ada jalur pengganti nan sudah disiapkan, dan kami menempatkan personel di beberapa titik untuk mengatur lampau lintas," jelasnya.

Polisi mengimbau kepada masyarakat untuk senantiasa mengikuti petunjuk serta pengarahan dari petugas di lapangan.

Selain itu, Dwi Sulistyawan juga mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada dan selalu memantau info terbaru mengenai kondisi jalan dan rute pengganti nan disediakan.

(Antara/kid)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional