Polemik Keaslian Sosok Pegi, Tersangka Kasus Vina Cirebon

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Sabtu, 25 Mei 2024 08:05 WIB

Penangkapan Pegi Setiawan menuai tanda tanya di publik, apakah sosok itu betul dalang dari peristiwa tragis nan menewaskan Vina Cirebon dan Eky. Penangkapan Pegi Setiawan menuai tanda tanya di publik, apakah sosok itu betul dalang dari peristiwa tragis nan menewaskan Vina Cirebon dan Eky. (Arsip Polda Jabar)

Jakarta, CNN Indonesia --

Kepolisian sukses menangkap Pegi Setiawan namalain Perong, satu dari tiga daftar pencarian orang (DPO) kasus pemerkosaan disertai pembunuhan Vina dan Eky nan terjadi di Cirebon, Jawa Barat, pada 2016.

Namun penangkapan ini malah menuai tanda tanya di kalangan publik, apakah sosok Pegi nan sukses ditangkap itu betul dalang dari peristiwa tragis nan menewaskan Vina dan Eky.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Barat (Jabar) Kombes Surawan mengatakan penangkapan dilakukan interogator terhadap Pegi namalain Perong di wilayah Bandung, pada Selasa (21/5) sekitar pukul 18.23 WIB saat nan berkepentingan pulang kerja sebagai kuli bangunan.

"Sudah ditangkap, atas nama Pegi Setiawan. Ditangkap di Bandung," ujarnya saat dikonfirmasi lewat pesan singkat, Rabu (22/5).

Polisi menyebut Pegi sempat berganti nama menjadi Robi saat bekerja sebagai kuli bangunan. Selain itu, Pegi juga berpindah-pindah lokasi, di antaranya Cirebon dan Bandung.

[Gambas:Video CNN]

Dipertanyakan Hotman Paris

Pengacara kondang Hotman Paris mengaku menerima banyak pertanyaan warganet di IG miliknya mengenai keaslian sosok Pegi namalain Perong.

"Halo Bapak Kapolda Jawa Barat, Halo Bapak Direktur Tindak Pidana Umum Polda Jawa Barat. Banyak netizen senang setelah salah satu dari DPO kasus pembunuhan Vina telah tertangkap ialah Pegi alias Perong," kata Hotman di IG miliknya, Kamis (23/5).

"Namun, belakangan ini ada ribuan netizen nan komen di Instagramnya Hotman Paris nan menanyakan apakah itu original Pegi alias Perong alias apa?" lanjutnya.

Hotman mengatakan banyak pertanyaan menyimpulkan DPO nan ditangkap bukanlah Pegi. Meski begitu, Hotman meyakini kerja-kerja ahli Polda Jawa Barat. Ia percaya DPO nan ditangkap tersebut betul Pegi.

Namun, Hotman mengusulkan agar Polda Jawa Barat menggelar konvensi pers secara terbuka dengan menampilkan DPO dimaksud.

"Ada baiknya andaikan Kapolda Jawa Barat memerintahkan agar dilakukan konvensi pers secara terbuka dengan menampilkan secara bentuk orang DPO nan tertangkap tersebut agar masyarakat bisa menilai apakah itu original Pegi alias Perong," ucap Hotman.

Sosok Pegi tidak dikenal warga

Kepala Desa Kepongpongan, Talun, Kabupaten Cirebon, Wawan Setiawan mengungkapkan Pegi namalain Perong tidak dikenal oleh warga.

Menurut Wawan, pelaku kasus dugaan pemerkosaan disertai pembunuhan terhadap Vina dan Eki itu tidak pernah hidup di Desa Kepongpongan.

"Nah, sementara Pegi tersebut tidak dikenal oleh masyarakat lantaran nan berkepentingan itu tidak pernah hidup di Desa Kepongpongan. Jadi, di luar khususnya di kota," ujar Wawan dalam laporan CNN Indonesia TV.

Lanjut ke sebelah...


Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional